Khasiat dan Cara Mengolah Daun Kelor untuk Obat Herbal

Salah satu jenis daun yang sudah dikenal luas akan manfaatnya untuk kesehatan adalah daun kelor. Banyak orang mencari bagaimana cara mengolah daun kelor yang benar untuk mendapatkan khasiat daun ini. Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Pasalnya, tanaman ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor diantaranya adalah protein, zat besi, magnesium, kalsium, vitamin C, vitamin A, folat, kalium, dan karbohidrat. Tidak hanya itu, di dalam daun kelor juga terkandung serat, fosfor, vitamin B, tembaga, dan kandungan zinc yang cukup tinggi. Lalu, dengan nutrisi yang lengkap, apa saja manfaat dari daun kelor?  Dan bagaimana cara mengolah daun kelor untuk obat herbal yang benar?

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan 

cara mengolah daun kelor
(sumber gambar: Pikiran-rakyat.com)

1. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak 

Manfaat daun kelor yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan otak. Khasiat ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam daun kelor yang tergolong tinggi. Dengan antioksidan yang cukup, resiko penyakit yang bisa menyerang otak seperti Alzheimer atau Parkinson bisa diturunkan dengan signifikan. Tidak hanya itu, daun kelor juga bisa kamu konsumsi agar kinerja otak dan memori otak senantiasa terjaga. 

2. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Daun kelor juga ternyata sangat berkhasiat untuk daya tahan tubuh. Jenis daun ini bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman yang bisa membahayakan kesehatan. Contohnya adalah Salmonella typhi yang bisa menyebabkan tifus, dan bakteri E. coli yang menyebabkan diare. Bakteri penyebab infeksi kulit juga bisa dibunuh dengan daun kelor. 

Virus herpes juga bisa dilawan dengan konsumsi daun kelor. Bagi penderita disfungsi ereksi dan asma, juga bisa mengkonsumsi daun ini agar kesehatan membaik. Meski begitu, tetap dibutuhkan penelitian yang lebih komprehensif untuk membuktikan khasiat daun kelor yang satu ini. 

3. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Mencegah Anemia 

Kesehatan jantung juga bisa lebih terjaga dengan konsumsi daun kelor. Ekstrak daun kelor ternyata bisa mengatasi kondisi dislipidemia. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit jantung yang diakibatkan oleh naiknya kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. 

Selain jantung, daun kelor juga baik untuk mencegah kondisi kekurangan darah merah atau anemia. Khasiat ini diperoleh dari kandungan zat besi dalam daun kelor yang memang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah. Namun, masih dibutuhkan penelitian yang bisa membuktikan efektivitas daun kelor untuk anemia. 

Baca Juga: Obat Herbal Sariawan Manjur dan Mudah Ditemukan

3 Cara Mengolah Daun Kelor sebagai Obat Herbal 

cara mengolah daun kelor
(sumber gambar: Paprikaliving.com)

Untuk mendapatkan khasiat dari daun kelor, cara mengolah daun kelor juga harus dilakukan dengan tepat. Umumnya, masyarakat akan mengolah daun kelor sebagai olahan sayur. Namun, cara mengolah daun kelor juga ternyata bisa dilakukan dengan alternatif lain lho. Inilah 3 cara pengolahan daun kelor yang bisa kamu coba: 

1. Mengolah Daun Kelor Jadi Permen Jelly 

Cara mengolah daun kelor yang pertama adalah sebagai permen jelly. Olahan ini punya nutrisi tinggi dan juga rasa yang enak di lidah. Jadi, kamu bisa mengolah daun kelor dengan cara yang unik dan lezat. Cara mengolah daun kelor menjadi jelly juga sangat mudah lho. 

Kamu cukup menyiapkan bubuk jelly, air, gula, dan bubuk daun kelor. Jika semua bahan sudah siap, kamu cukup memanaskan air dan gula sampai mendidih. Setelah itu, masukkan bubuk daun kelor dan tunggu kembali hingga mendidih. Jika sudah, tambahkan bubuk jelly yang sudah kamu siapkan. 

Jika kamu punya pewarna alami makanan, kamu bisa menambahkannya agar hasil permen jelly menjadi lebih menarik. Jika larutan sudah mendidih dan tercampur seluruhnya, kamu bisa menuangkan adonan ke cetakan dan kemudian tutup dengan alumunium foil. Simpan dahulu permen yang sudah dicetak selama 24 jam di suhu ruangan. Kalau sudah, keluarkan permen dari cetakan dan potong kecil-kecil seperti bentuk permen pada umumnya. 

2. Merebus Daun Kelor

Cara mengolah daun kelor yang paling sederhana adalah dengan merebusnya dengan air. Jika sudah matang, kamu bisa mengkonsumsi daun kelor yang sudah direbus sebagai sayuran pada pecel ataupun lalapan. Kunci cara mengolah daun kelor dengan merebus adalah jangan rebus daun kelor terlalu lama agar nutrisi daun kelor tidak hilang ya. 

3. Memasaknya Sebagai Sayur Berkuah 

Cara mengolah daun kelor terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan memasaknya dengan kuah. Kamu cukup merebus air hingga mendidih, kemudian masukkan daun kelor dan tambahkan dengan jagung muda yang sudah dipipil. Setelah itu, bumbui dengan gula, garam, dan kaldu bubuk sesuai selera. Dengan cara mengolah daun kelor ini, kamu bisa menikmati sayur bening daun kelor yang lezat dan kaya akan nutrisi. 

Itulah manfaat dan cara mengolah daun kelor yang bisa kamu pilih. Pada dasarnya, daun ini memang menyimpan segudang khasiat baik untuk tubuh. Dengan cara mengolah daun kelor yang tepat, kamu bisa mendapatkan khasiat dari daun ini dengan lebih optimal! 

Tinggalkan komentar