8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Selama ini, bawang putih dikenal sebagai kunci dari berbagai masakan. Namun, ternyata tidak banyak yang tau jika ada berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang luar biasa lho. Bahkan, masyarakat pada masa Mesir kuno, Tiongkok, dan India sudah lama memanfaatkan manfaat baik dari bawang putih ini. Lalu, apa saja sih manfaat dari bawang putih selengkapnya?

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Penggunaan bawang putih sebagai obat, memang belum terbukti 100 persen. Hanya saja, sudah ada beberapa penelitian yang berhasil menemukan khasiat di dalam bawang putih. Manfaat bawang putih tersebut diantaranya adalah untuk:

1. Membantu Mengurangi Resiko Terkena Kanker Paru

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang pertama adalah untuk kanker. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research, bawang putih memiliki khasiat salah satunya adalah untuk menurunkan resiko seseorang terkena kanker paru. Khasiat ini didapat jika kamu mengkonsumsi bawang putih mentah. Kebiasaan yang memang dilakukan bagi sebagian orang.

Hasil penelitian lain dari Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention juga mengemukakan hal yang sama. Responden penelitian yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi bawang putih mentah minimal 2 kali dalam seminggu ternyata memiliki penurunan terkena kanker paru lho. Tidak main-main, bahkan penurunan tersebut mencapai angka 44%. Luar biasa bukan?

2. Mencegah Kerusakan Hati

manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan 1
(sumber gambar: rsucitramedikatembung.com)

Sebagai organ tubuh yang vital, hati memang wajib dijaga kesehatannya. Bawang putih memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya kerusakan hati. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Shandong University dari China.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa adanya zat diallyl disulfide (DADS) dalam bawang putih bisa membantu menjaga kesehatan hati dan melawan adanya reaksi stress oksidatif pada hati. Dengan begitu, kesehatan organ hati bisa lebih terjaga dan sehat. Meski begitu, untuk menjaga kesehatan hati harus diiringi dengan pola hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol ya!

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk kolesterol dan tekanan darah. Bagi para penderita hipertensi, bawang putih mampu membantu menurunkan tekanan darah yang terlampau tinggi. Hal ini juga didukung beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa bawang putih bisa melebarkan pembuluh darah agar sirkulasi darah bisa lebih optimal. Selain itu, bawang putih juga membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan 2
(sumber gambar: akcdn.detik.net.id)

Bawang putih juga memiliki khasiat baik untuk melindungi penderita diabetes dari penyakit kronis yang bisa terjadi pada jantung atau dalam bahasa medis dikenal sebagai kardiomorpati. Ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dijelaskan bahwa kandungan diallyl trisulfide dalam bawang putih bisa membantu kesehatan jantung agar lebih optimal.

5. Mencegah Flu dan Pilek

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Termasuk dalam hal ini adalah virus penyebab flu atau pilek. Hasil penelitian juga mengemukakan jika orang yang terbiasa mengkonsumsi bawang putih memiliki ketahanan terhadap flu dan pilek dengan lebih baik dan lebih cepat sembuh saat terkena flu dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

6. Mampu Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia

Di dalam bawang putih, terkandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan ini memiliki peran untuk melawan adanya radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga menurunkan potensi adanya stress oksidatif di dalam tubuh. Dengan resiko stress oksidatif yang menurun, maka resiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Demensia bisa diturunkan.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk sistem pencernaan manusia. Tidak hanya untuk jantung atau hati, zat allicin yang ada di bawang putih juga sangat bermanfaat untuk pencernaan. Zat allicin ini memiliki fungsi sebagai antiparasit, obat cacingan, dan antibiotik atau antijamur. Bahkan, penelitian juga mengemukakan bahwa bawang putih bisa melawan adanya bakteri jahat seperti H.pylori yang bisa menyerang lambung. Dengan begitu, kesehatan pencernaan bisa lebih terjaga.

8. Menurunkan Resiko Osteoartritis Pada Wanita dan Mencegah Resiko Lahir Prematur

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk kesehatan wanita. Lebih tepatnya untuk peradangan sendi dan saat kehamilan. Menurut penelitian yang dilakukan di King’s College London dan University of East Anglia, bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan resiko wanita terkena osteoartritis. Ostreoartritis sendiri adalah kondisi peradangan sendi terkait dengan penuaan.

Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat untuk mencegah kelahiran prematur pada ibu hamil. Lahir prematur umumnya disebabkan adanya infeksi pada kehamilan. Nah, di dalam bawang putih ada efek antibikrobial yang bisa mencegah infeksi sehingga resiko lahir prematur bisa diturunkan. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk khasiat bawang putih yang satu ini.

Nah, itulah berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan yang harus kamu tahu. Bagaimana, sangat luar biasa bukan manfaatnya? Mulai sekarang, jangan ragu untuk menambahkan bawang putih dalam masakan kamu atau mengkonsumsinya secara langsung agar manfaatnya bisa kamu peroleh untuk tubuh ya!

Tinggalkan komentar