Catat! Inilah 6 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Buah tin memiliki bentuk, tekstur, dan juga tampilan yang unik. Buah dengan nama latin Ficus carica ini memiliki warna hijau atau ungu dan daging buahnya memiliki warna merah muda dan berbiji didalamnya. Ketika di makan, tekstur buah ini terasa renyah di lidah. Dibalik keunikannya, ada berbagai manfaat buah tin untuk kesehatan yang ternyata belum banyak diketahui orang lho.

Buah ini juga populer dengan nama buah ara ataupun buah fig. Kamu bisa menemukan buah ini dengan mudah di supermarket atau pasar karena buah ini juga mulai ramai dibudidayakan di Indonesia. Buah tin juga umum dikonsumsi sebagai bagian dari siapa saja yang sedang menjalankan program diet. Bisa dengan cara dimakan langsung, atau diambil ekstraknya.

6 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat yang kamu dapatkan dari buah tin, tidak terlepas dari adanya kandungan nutrisi baik di dalamnya. Di dalam 1 buah tin segar dengan berat sekitar 40 gram mengandung 50 kalori, serat, vitamin B6, antioksidan, dan tembaga yang baik untuk tubuh. Inilah manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh:

1. Sebagai Sumber Vitamin dan Gizi yang Bermanfaat

manfaat-buah-tin-untuk-kesehatan 1
(sumber gambar: barkingroyalty.com)

Salah satu cara untuk konsumsi buah tin adalah dengancara dikeringkan. Buah tin kering adalah sumber mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram buah tin yang sudah dikeringkan, terdapat kandungan 2.03 mg zat besi, 162 mg kalium, dan 680 mg potasium. Dengan kandungan tersebut, buah ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

Sebab, kalium adalah suatu komponen penting yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Sementara itu, zat besi dan tembaga punya andil yang besar untuk produksi sel darah merah untuk tubuh.

2. Berperan untuk Kesehatan Kulit

Manfaat buah tin untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk kesehatan kulit. Di dalam ekstrak buah tin, terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini memiliki peran baik untuk menjaga kesehatan kulit, mengurangi rusaknya kolagen kulit, dan memperbaiki adanya kerutan pada kulit. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih dalam dan menyeluruh terkait manfaat buah tin yang satu ini.

3. Bagus untuk Diet dan Sistem Pencernaan

manfaat-buah-tin-untuk-kesehatan 2
(sumber gambar: mashed.com)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah tin memiliki kandungan serat dan kalori yang rendah. Tidak heran jika manfaat buah tin untuk kesehatan terkait dengan program diet dan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan pektin yang ada di dalam buah tin juga punya dampak yang sangat baik untuk kesehatan usus besar dan usus kecil kamu. Bahkan, manfaat buah tin yang satu ini sudah dibuktikan sejak lama oleh masyarakat Timur Tengah dengan menggunakannya sebagai obat pencahar alami.

Serat yang ada dalam buah tin bisa memperlancar pencernaan kamu dan membuat sistem pencernaan menjadi sehat. Jumlah kalori yang ada dalam 100 gram buah tin juga terbilang rendah yaitu hanya sekitar 74 kalori saja. Ini membuat buah tin baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Penggunaanya

4. Menjadi Obat untuk Seksualitas Sejak Dulu

Manfaat buah tin untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk seksualitas manusia. Khasiat buah tin yang satu ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Arab untuk mengatasi masalah seksualitas. Contohnya seperti daya tahan seks yang lemah, disfungsi ereksi, atau kemandulan pada wanita. Buah tin juga menjadi obat bagi kesuburan dan kejantanan para pria.

Cara pengolahan buah tin di masyarakat Timur Tengah adalah dengan merendam sejumlah 3-4 buah tin ke dalam susu. Kemudian direndam selama semalaman dan diminum pada petang esok hari untuk mendapatkan energi di malam hari. Meski begitu, sebenarnya masih diperlukan banyak penelitian dan studi lebih lanjut terkait manfaat buah tin yang satu ini. Hanya saja, kandungan mineral dan vitamin yang tinggi dalam buah tin memang sangat berdampak pada stamina dan energi manusia.

5. Mencegah Tubuh Terserang Penyakit Kronis dan Mencegah Kanker

Manfaat buah tin untuk kesehatan yang satu ini tidak terlepas dari antioksidannya yang tinggi. Seperti asam fenolik dan flavonoid. Kedua jenis antioksidan alami ini ditemukan pada bagian kulit buah tin. Dengan adanya antioksidan yang tinggi, berbagai penyakit kronis seperti diabetes, katarak, dan penyakit jantung bisa dicegah dengan lebih optimal. Meski begitu, tetap masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah tin yang satu ini.

Selain itu, antioksidan yang sangat tinggi dalam buah tin juga bisa menangkal efek negatif dari adanya radikal bebas dalam tubuh manusia. Contohnya adalah penyakit kanker. Terdapat sebuah penelitian yang juga mengemukakan bahwa buah tin punya sifat antikanker yang mampu bekerja pada sel kanker payudara. Namun, masih diperlukan uji klinis dan penelitian lanjutan sebelum manfaat buah tin untuk kanker dikembangkan menjadi obat yang umum dipakai.

Itulah 5 manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang manis dan segar memang banyak disukai sebagai jus, smoothies, atau makanan penutup. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang manfaat buah tin ya!

Tinggalkan komentar