Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Penggunaanya

Selama ini, masyarakat mengenal cuka apel sebagai bahan tambahan untuk memperkuat rasa pada masakan. Disamping itu, cuka apel juga dikenal sebagai salah satu bahan yang umum digunakan untuk kebutuhan kecantikan. Banyak yang percaya jika ada banyak manfaat cuka apel untuk wajah yang baik. Namun, benarkah demikian? Mengingat kulit wajah adalah bagian kulit yang sangat sensitif sehingga tidak bisa sembarangan memberikan zat tertentu.

Sebenarnya, penelitian mendalam dan uji klinis mengenai cuka apel untuk wajah memang belum banyak dilakukan. Namun, kandungan zat yang ada di dalam cuka apel dipercaya memang baik untuk kesehatan kulit. Beberapa kandungan tersebut adalah adanya kandungan asam sitrat dan asetat yang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit wajah

5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah 

manfaat-cuka-apel-untuk-wajah
(sumber gambar: true-elements.com)

Inilah beberapa manfaat cuka apel untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. 

1. Sebagai Pembersih Wajah Alami 

Menjaga kebersihan wajah adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Tujuannya agar kulit wajah bisa tetap bersih dan bisa terhindar dari berbagai masalah kulit. Misalnya seperti jerawat, bruntusan, bahkan keriput. Nah, manfaat cuka apel untuk wajah yang pertama adalah sebagai pembersih wajah yang alami. 

Kamu bisa memanfaatkan cuka apel dengan cara yang sangat mudah sebagai bahan pembersih ini. Cukup campurkan sekitar 60 ml air hangat dengan 1 sendok makan cuka apel. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan campuran itu ke kulit wajah kamu dengan memakai kapas. Tapi ingat untuk melakukannya dengan hati-hati ya. Niscaya, berbagai kotoran yang menempel di kulit wajahmu bisa terangkat deh

2. Menghilangkan Bakteri Penyebab Jerawat dan Bekas Jerawat

Jerawat dan bekasnya memang bisa sangat mengganggu penampilan, terutama untuk wanita. Munculnya jerawat adalah karena adanya bakteri Propionibacterium acnes. Jika tidak hati-hati dan melakukan perawatan pada wajah, jerawat bisa muncul dengan sangat mudah akibat bakteri ini. Nah, di dalam kandungan cuka apel yaitu asam asetat dan sitrat, adalah dua zat yang bisa membunuh bakteri tersebut. Cuka apel juga memiliki zat antimikroba sehingga bisa mengurangi adanya bakteri penyebab jerawat. 

Selain itu, manfaat cuka apel untuk wajah juga bisa dirasakan untuk bekas jerawat. Bekas jerawat akan memudar jika proses regenerasi sel kulit wajah berjalan dengan cepat dan lancar. Tugas dari cuka apel adalah menggunakan zat asam organik untuk peeling atau mengangkat lapisan kulit paling atas dan sel kulit mati pada wajah. Dengan begitu, regenerasi sel kulit bisa berjalan optimal dan bekas jerawat bisa lebih tersamarkan. 

3. Mengatasi Tampilan Spider Veins Pada Kulit Wajah 

Jika kamu pernah melihat atau mengalami sendiri pembuluh darah yang tampak jelas di bagian wajah, itulah yang disebut sebagai kondisi spider veins. Kondisi ini dipicu akibat pembuluh darah vena yang pecah, sehingga pembuluh ini terlihat jelas di permukaan kulit. Jelas kondisi ini bisa mengganggu penampilan. 

Nah, cuka apel bisa kamu manfaatkan sebagai astringent yang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah. Dengan wajah yang kencang, pembuluh darah yang tampak bisa lebih samar. Untuk pengaplikasiannya, cukup beri cuka apel di atas kapas dan oles ke bagian wajah yang tampak pembuluh darahnya. 

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Memudarkan Keriput

Manfaat cuka apel untuk wajah selanjutnya adalah untuk keriput. Kamu bisa memakai cuka apel sebagai toner wajah agar manfaat ini bisa kamu dapatkan. Dengan toner cuka apel, kulit akan lebih kencang dan bisa lebih terlindungi dari berbagai zat kimia berbahaya. 

5. Menjadi Perawatan Setelah Terkena Sinar Matahari 

Manfaat cuka apel untuk wajah yang terakhir adalah untuk pelindung wajah setelah terpapar sinar matahari. Memang belum ada penelitian lanjutan untuk membuktikan khasiat cuka apel yang satu ini. Namun, sudah cukup banyak orang yang merasakan manfaat cuka apel di wajah mereka setelah terkena sinar matahari yang terkadang memang cukup keras untuk kulit wajah. 

Cara Penggunaan Cuka Apel untuk Kulit Wajah 

manfaat-cuka-apel-untuk-wajah
(sumber gambar: mommypotamus.com)

Karena merupakan bahan asam yang cukup keras, dan tidak semua kulit pasti akan cocok dengan cuka apel, maka akan disarankan bagi kamu mencobanya dulu. Kamu bisa mengoleskan sedikit ke bagian belakang telinga atau punggung tanganmu dan tunggu beberapa jam. Jika tidak ada indikasi iritasi, maka bisa digunakan cuka apel tersebut. 

Namun, supaya mendapatkan manfaat cuka apel untuk wajah dengan lebih optimal, larutkan cuka apel dengan sedikit air ya. Supaya tidak terlalu keras kandungan asamnya ke kulit wajah kamu. Setelah itu, celupkan kapas dan usapkan ke kulit wajah kamu secara merata. Kamu juga bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kulit atau kecantikan sebelum menggunakan cuka apel. 

Itulah berbagai manfaat cuka apel untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Dibalik rasanya yang asam, ternyata ada sederet manfaat cuka apel yang baik untuk kulit wajah. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang penggunaan cuka apel untuk kulit ya! 

Tinggalkan komentar