Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor adalah salah satu jenis daun yang kerap diolah menjadi berbagai masakan oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini punya ukuran daun yang kecil dan tumbuh di daerah beriklim tropis. Dibalik kegunaannya untuk masakan, ternyata ada banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh lho. Berbagai manfaat ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di daun kelor itu sendiri. 

Kandungan Nutrisi dalam Daun Kelor 

manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan
(sumber gambar: jovee.id)

Ketika kamu akan mengolah daun kelor, pasti kamu akan membeli atau mengumpulkannya terlebih dahulu. Nah, yang belum kamu tahu, dalam setiap 2 gram daun kelor, ternyata tersimpan berbagai nutrisi baik di dalamnya. Nutrisi tersebut diantaranya adalah:

  1. 14 kalori
  2. 8.5 mikrogram folat
  3. 11 miligram vitamin C
  4. 0,8 miligram zat besi 
  5. 38-40 miligram kalsium. 

Selain itu, juga ada kandungan vitamin B, selenium, zinc, serat, fosfor, vitamin A, zat besi, magnesium, dan juga tembaga. Antioksidan yang ada di daun kelor juga cukup tinggi. Tidak heran, jika daun ini dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh  

manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan
(sumber gambar: krishijagran.com)

Dengan berbagai nutrisi yang baik itu, tidak heran jika daun kelor memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Inilah berbagai manfaat tersebut. 

1. Sebagai Sumber Antioksidan yang Tinggi 

Di dalam daun kelor tersimpan kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan berfungsi untuk menangkal adanya radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh. Radikal bebas bisa memicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis dan berbahaya. Contohnya adalah stroke, diabetes melitus tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung. 

Nah, kandungan antioksidan yang ada di daun kelor bisa mencegah hal itu. Kandungan vitamin C, quercetin, chlorogenic acid, dan beta karoten juga adalah zat yang memiliki antioksidan di dalam daun kelor. 

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Daun kelor dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan virus, seperti jenis virus herpes simplex (HSV). Selain itu, daun kelor juga memiliki kemampuan untuk melawan berbagai jenis kuman penyebab penyakit. 

Contohnya adalah Salmonella typhi yang merupakan biang penyakit tifus, kuman Escherichia coli  yang menyebabkan diare, serta kuman penyebab infeksi kulit Staphylococcus aureus. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam dan komprehensif terkait efektivitas daun kelor untuk daya tahan tubuh manusia, 

3. Membantu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah dan Mengontrol Tekanan Darah 

Gula darah yang tinggi adalah sumber penyakit yang harus kamu waspadai. Sebab, ini bisa memicu adanya berbagai penyakit kompleks yang berbahaya seperti penyakit ginjal ataupun jantung. Nah, manfaat daun kelor untuk kesehatan, juga berperan penting untuk menurunkan kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan hal ini, meski masih harus dilakukan penelitian yang lebih komprehensif untuk melihat efektivitasnya. 

Selain itu, daun kelor juga memiliki manfaat untuk tekanan darah. Ini didapatkan dari kandungan kalium dan antioksidan yang ada pada daun kelor. Kedua zat ini bisa menjaga tekanan darah stabil dan mencegah hipertensi. 

4. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya, masih diperoleh dari kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa tubuh yang memiliki asupan antioksidan tinggi, memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson dan Alzheimer. Nah, tidak salah jika antioksidan yang tinggi dalam daun kelor memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan fungsi otak kamu.  Tidak hanya itu, daun kelor juga bisa mendukung fungsi dan kinerja otak, serta meningkatkan memori otak kamu.

5. Mengurangi Proses Peradangan 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah untuk mengurangi adanya proses peradangan dalam tubuh. Sebenarnya, perlu kamu pahami jika peradangan (inflamasi) adalah sebuah respon alami yang berlangsung di dalam tubuh sebagai respon dari adanya cedera atau infeksi. Dengan adanya peradangan, tubuh bisa melakukan pertahanan dengan lebih baik. 

Namun, proses peradangan yang terlampau tinggi juga bisa memberi efek buruk terhadap kesehatan. Contohnya adalah masalah jantung bahkan kanker. Untuk diperlukan antiinflamasi yaitu isothiocyanate, seperti yang ada di dalam daun kelor ini. Adanya zat anti inflamasi yang ada di daun kelor bisa mengurangi adanya peradangan yang terlampau tinggi, sehingga peradangan bisa berjalan normal dan tidak berbahaya untuk kesehatan. 

Itulah berbagai kandungan nutrisi serta manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Meski memiliki manfaat yang luar biasa, konsumsi daun kelor juga harus kamu perhatikan ya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh. Selain itu, juga masih dibutuhkan penelitian yang lebih komprehensif dan menyeluruh untuk mengetahui efektivitas dari daun kelor ini. 

Tinggalkan komentar