Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Tubuh

Kalau selama ini kamu hanya berpikir daun kumis kucing hanyalah tanaman hias belaka, maka kamu salah besar. Sebab, ternyata ada banyak sekali manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh lho! Tanaman dengan nama unik ini memiliki nama latin Orthosiphon aristatus dan banyak ditemui di Indonesia. Disebut kumis kucing, karena adanya benang sari yang keluar dari kelopak bunganya seperti kumis kucing. 

Bagian daun kumis kucing seringkali dimanfaatkan untuk obat herbal. Hal ini diakibatkan oleh adanya senyawa bioaktif yang ada di dalam daunnya. Selain itu, ada pula kandungan senyawa fenolik, eupatorin, tanin, steroid, flavonoid, dan glikosida yang membuatnya memiliki antioksidan dan anti radang. Lalu, apa saja manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan? 

6 Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan 

Berkat adanya kandungan antioksidan dan anti radang, daun kumis kucing sangat bermanfaat untuk kesehatan. Inilah khasiat dan manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tersebut: 

1. Mengobati Encok dan Asam Urat 

manfaat-daun-kumis-kucing-untuk-kesehatan
(sumber gambar: klikdokter.com)

Manfaat daun kumis kucing ini tidak lain berasal dari adanya kandungan flavonoid, asam kafeat, dan fenolik yang ada di dalam daunnya. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk meringankan berbagai gejala seperti encok dan asam urat. Senyawa ini bekerja dengan menghambat pembentukan asam urat pada tubuh. Dengan begitu, resiko terkena asam urat bisa lebih diturunkan. 

Daun kumis kucing juga memperbaiki adanya kerusakan ginjal akibat asam urat yang terlampau tinggi. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengkonsumsi ekstrak kumis kucing secara rutin. 

2. Mengatasi Permasalahan Menstruasi 

Bagi kamu yang sering nyeri saat haid, bisa mengkonsumsi daun kumis kucing. Diketahui bahwa manfaat kumis kucing untuk kesehatan lainnya adalah untuk menurunkan kadar prostaglandin yang ada dalam tubuh. Dengan begitu, resiko nyeri saat menstruasi dan pendarahan yang berlebihan saat menstruasi bisa ditekan. 

3. Membantu Masalah Pernapasan 

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk masalah pernapasan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mencampurkan ekstrak kumis kucing dengan ramuan herbal yang lain. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian yang lebih komprehensif untuk bisa membuktikan efektivitas kumis kucing ini untuk pengobatan pernapasan manusia. 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat-daun-kumis-kucing-untuk-kesehatan
(sumber gambar: emc.id)

Sebagai organ tubuh yang vital, jantung memang wajib dijaga kesehatannya. Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan selanjutnya bisa kamu dapatkan untuk jantung. Daun kumis kucing diketahui bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang ada di dalam darah. Sekaligus bisa menurunkan lemak darah (trigliserida). 

Gabungan kenaikan kolesterol baik dan penurunan lemak darah tentu akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan begitu, penyakit jantung koroner dan serangan jantung bisa dicegah dengan lebih optimal. 

Baca Juga: Intip 7 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Berikut Yuk!

5. Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Gula Darah 

Tekanan darah yang tinggi bisa diatasi dengan konsumsi daun kumis kucing. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa penderita tekanan darah tinggi bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak daun kumis kucing dalam dosis tertentu untuk mengatasinya. Kadar gula darah juga bisa diturunkan dengan daun kumis kucing. 

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tepatnya untuk gula darah diakibatkan adanya khasiat antidiabetes yang ada didalamnya. Artinya, daun kumis kucing punya kemampuan untuk mengontrol metabolisme lemak dan gula, karbohidrat dan gula, serta asam amino dan gula menjadi lebih seimbang. Dengan begitu, kadar gula darah bisa senantiasa stabil. Tidak heran jika banyak orang yang mengkonsumsi daun kumis kucing untuk diabetes. 

6. Mengatasi Batu Empedu dan Menghancurkan Batu Ginjal 

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk batu ginjal dan empedu. Penyakit batu empedu dan nefritis bisa diringankan dengan konsumsi ekstrak daun kumis kucing dengan berbagai tumbuhan herbal lain. Contohnya seperti Barleria spp atau Sonchus spp.  

Selain itu, di Indonesia khususnya Pulau Jawa, daun kumis kucing juga dimanfaatkan untuk batu ginjal. Daun kumis kucing bisa membantu menghancurkan adanya batu ginjal yang diderita seseorang. Namun, ukuran batu ginjal yang bisa diatasi dengan daun kumis kucing adalah yang berukuran kecil kurang dari 5 cm. Jika lebih dari itu, dibutuhkan penanganan medis dokter untuk dapat menghancurkan batu ginjal tersebut. 

Meski memiliki manfaat yang luar biasa, konsumsi daun kumis kucing harus dilakukan dengan tepat dan tidak berlebihan. Pada dasarnya suplemen yang memiliki ekstrak daun kumis kucing memang relatif aman untuk konsumsi. Namun, perlu kamu perhatikan dosis dan takarannya ya. Jangan sampai mengkonsumsi suplemen tersebut melebihi dosis yang sudah ditentukan. 

Selain itu, dosis dan efek daun kumis kucing ini bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi kesehatan. Maka dari itu, akan jauh lebih baik untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum kamu mulai mengkonsumsi ekstrak daun kumis kucing. 

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan. Bagaimana? Sangat luar biasa bukan? Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang segudang manfaat yang tersimpan di dalam daun tanaman hias ini ya!

Tinggalkan komentar