Intip 7 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Berikut Ini Yuk!

Daun pandan dikenal sebagai penambah aroma wangi dan bisa menjadi sumber warna hijau alami untuk makanan atau minuman. Seiring dengan semakin ramainya minuman infused water, daun pandan juga turut dimasukkan agar bisa menyehatkan tubuh. Ya, dibalik kegunaannya, memang tersimpan berbagai manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di pandan itu sendiri. 

Nutrisi yang ada di dalam daun pandan diantaranya adalah seperti karotenoid, vitamin A dan C, thiamin, riboflavin, dan juga niacin. Berbagai nutrisi ini juga dibarengi dengan adanya mineral dan antioksidan. Tidak heran jika ada banyak sekali khasiat dari daun pandan. Lalu, apa saja sih khasiat tersebut?

7 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan 

Dengan kandungan nutrisi yang beragam, daun pandan kerap dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan tubuh. Inilah manfaat daun pandan untuk kesehatan selengkapnya. 

1. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit 

manfaat-daun-pandan-untuk-kesehatan
(sumber gambar: justinboey.com)

Siapa yang menyangka jika daun pandan juga punya khasiat untuk kesehatan kulit? Manfaat satu ini tidak terlepas dari adanya kandungan beta karoten yang ada di dalam daun pandan. Beta karoten tersebut mampu menambah pertahanan kulit akan adanya radiasi sinar ultraviolet yang bisa memicu masalah kesehatan kulit. Seperti penuaan dini bahkan kanker kulit. 

2. Membantu Meredakan Nyeri Sendi dan Rematik 

Manfaat daun pandan untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk nyeri sendi. Ekstrak daun pandan telah diteliti dan ditemukan bahwa ekstrak ini mengandung banyak sekali senyawa bioaktif. Adanya bioaktif bisa membantu tubuh untuk meredakan gejala nyeri sendi dan artritis. 

Selain itu, mengkonsumsi air rebusan daun pandan juga baik untuk meredakan rematik. Kamu cukup merebus beberapa lembar daun pandan dengan air. Setelah mendidih, biarkan dingin terlebih dahulu baru minum. Dengan begitu, rematik bisa diatasi dengan lebih optimal. 

3. Mencegah dan Menurunkan Resiko Penyakit Kanker 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di dalam daun pandan ada banyak sekali nutrisi dan kandungan yang baik untuk kesehatan. Berbagai nutrisi seperti vitamin dan beta karoten memiliki antioksidan untuk melawan kerusakan sel tubuh. Dengan begitu, perkembangan dan resiko munculnya kanker di tubuh bisa lebih diminimalisir. 

Namun, karena penyakit kanker adalah penyakit berbahaya yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, tetap diperlukan imbangan lain untuk mencegahnya. Caranya adalah dengan melakukan pola hidup dan gaya hidup yang sehat. Dengan begitu, pencegahan terhadap penyakit kanker bisa lebih optimal. 

4. Mengurangi Rasa Nyeri dan Kram Perut Saat Haid 

manfaat-daun-pandan-untuk-kesehatan
(sumber gambar: freepik.com)

Para wanita memang sering dikeluhkan dengan nyeri dan kram yang sering datang bersama dengan haid. Manfaat daun pandan untuk kesehatan juga bisa dimanfaatkan untuk kasus ini. Kandungan nutrisi yang di dalam pandan bisa membantu membuat kondisi perut saat haid menjadi lebih nyaman dan tidak nyeri. Kamu bisa membuat air rebusan daun pandan dan minum selagi hangat. 

5. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah dan Menormalkan Tekanan Darah 

Manfaat daun pandan untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Ekstrak daun pandan bisa membantu menghambat adanya penyerapan gula di dalam usus, sekaligus meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh. Dengan kadar insulin yang tercukupi, resiko terkena diabetes bisa diminimalisir dengan lebih optimal. 

Selain itu, air rebusan daun pandan juga memiliki khasiat untuk menormalkan tekanan darah. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, maka akan dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan ini. Dengan begitu, tekanan darah yang semula tinggi bisa menjadi normal kembali dengan daun pandan. 

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Tubuh

6. Menjaga Kesehatan Mata dan Membantu Detoksifikasi Tubuh

Adanya vitamin A dan kandungan beta karoten yang ada di dalam daun pandan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A dan beta karoten ini bisa melindungi kesehatan mata akibat reaksi penuaan. Contohnya kondisi degenerasi makula. 

Air rebusan daun pandan juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh atau proses pengeluaran racun dalam tubuh. Adanya antioksidan dalam daun pandan lah yang akan berperan untuk melindungi organ tubuh. Terutama hati dari adanya aktivitas radikal bebas yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

7. Mengobati Luka Bakar Ringan 

Manfaat daun pandan untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk pengobatan luka bakar yang ringan. Contohnya adalah luka bakar yang diakibatkan oleh sinar matahari yang terlalu berlebih. Kandungan asam tanat yang di daun pandan bisa mendinginkan luka bakar ini dengan cepat. 

Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Kamu cukup menghaluskan daun pandan sampai berubah menjadi bubuk. Baru setelah itu, taburkan bubuk tersebut pada bagian kulit yang terkena luka bakar ringan. 

Itulah 7 manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh. Meski memiliki manfaat yang baik, masih dibutuhkan penelitian yang lebih komprehensif terkait dengan manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, tetap dianjurkan untuk memberikan imbangan terhadap konsumsi air rebusan daun pandan dengan pola dan gaya hidup yang sehat. 

Tinggalkan komentar