Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Salah Satunya untuk Malaria

Siapa yang menyangka jika dibalik rasanya yang sedikit pahit ketika diolah, terdapat berbagai manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Kamu bisa mengkonsumsi daun pepaya ini dalam berbagai olahan. Mulai dari untuk lalapan, diolah menjadi sayur, direbus, atau bahkan di jus. Konsumsi daun pepaya secara rutin juga dipercaya bisa menjadi obat untuk malaria lho. 

Manfaat yang luar biasa dari daun pepaya memang tidak terlepas dari adanya berbagai nutrisi yang ada di dalamnya. Diantaranya adalah vitamin, antioksidan, dan juga mineral. Tidak heran, jika daun ini sering dimanfaatkan sebagai pilihan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Lalu, apa saja manfaat daun pepaya? 

7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan 

Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi daun pepaya secara rutin:

1. Berfungsi Sebagai Anti Malaria 

manfaat-daun-pepaya-untuk-kesehatan
(sumber gambar: KlikDokter.com)

Memang benar jika manfaat daun pepaya untuk kesehatan salah satunya adalah untuk obat malaria. Ini didukung dengan adanya penelitian yang memang telah membuktikan bahwa ada zat anti malaria yang ditemukan di dalam daun pepaya. Ini dipercaya berasal dari adanya kandungan flavonoid yang ada di dalam daun pepaya. 

Tidak hanya itu, di dalam ekstrak daun pepaya juga ditemukan kemampuan untuk menghambat pertumbuhan Plasmodium falciparum yang merupakan parasit. Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya ini, kamu bisa membuatnya menjadi jus. Cobalah rutin mengkonsumsi jus daun pepaya setiap hari dan tanpa tambahan pemanis seperti gula ataupun madu. Dengan begitu, khasiatnya bisa lebih optimal.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk kekebalan tubuh. Konsumsi daun pepaya secara rutin bisa membantu tubuh melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh bisa menjadi lebih kuat dan sehat. Daun pepaya juga memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi sel darah putih dalam tubuh secara alami. 

3. Membantu Menangani Gejala Diabetes 

Diabetes memang menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan. Nah, manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk diabetes. Konsumsi daun pepaya secara rutin bisa mengurangi kadar gula darah tubuh. Dengan khasiat ini, daun pepaya bisa melindungi pasien diabetes tipe 2. 

Pengendalian gula darah ini membuat penderita diabetes tipe 2 memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena komplikasi diabetes. Tidak hanya itu, sensitivitas insulin bisa meningkat dengan adanya daun pepaya. Dengan begitu, kondisi diabetes bisa lebih baik dan tidak mengarah ke komplikasi yang lebih serius dan berbahaya. 

4. Memperlancar Proses Pencernaan dan Bersifat Anti Bakteri 

manfaat-daun-pepaya-untuk-kesehatan
(sumber gambar: zinzino.blog)

Di dalam daun pepaya tersimpan sebuah enzim yang bernama enzim papain. Enzim ini memiliki peran yang penting untuk pencernaan protein. Dengan begitu, saluran pencernaan bisa lebih sehat dan lancar. Tidak hanya itu, konsumsi daun pepaya secara rutin juga bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. 

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga didapat dari perannya sebagai anti bakteri. Sifat anti bakteri yang dibawa oleh daun pepaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, daun pepaya juga bisa membantu membasmi cacing yang berpotensi merusak kesehatan dinding usus manusia. 

5. Mencegah dan Menyembuhkan Demam Berdarah 

Seperti yang kamu tahu, demam berdarah disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Rutin mengkonsumsi daun pepaya bisa membantu tubuh melawan serangan virus demam berdarah. Dengan begitu, resiko terkena penyakit ini bisa diturunkan dengan lebih optimal. 

Tidak hanya mencegah, daun pepaya juga bisa membantu menyembuhkan demam berdarah. Ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang mengungkapkan bahwa di dalam daun pepaya terkandung enzim papain yang juga bisa meningkatkan trombosit. Efeknya akan berjalan hampir sama dengan konsumsi jus jambu merah untuk peningkatan trombosit. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengkonsumsi jus daun pepaya secara rutin. 

Baca Juga: Intip 7 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Berikut Yuk!

6. Mencegah dan Menurunkan Resiko Terkena Kanker 

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk kanker. Penyakit kanker memang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Untuk itu, penyakit ini sangat penting untuk dicegah sedini mungkin. Adanya zat anti kanker yang ada di daun pepaya bisa kamu manfaatkan untuk pencegahan ini. Zat anti kanker tersebut bisa membantu tubuh melawan adanya resiko kanker. 

Bahkan, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa daun pepaya memiliki potensi besar sebagai obat bagi kanker. Jenis kanker yang berpotensi bisa diatasi dengan daun pepaya adalah kanker serviks, kanker pankreas, kanker paru-paru, dan kanker payudara. Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif dan mendalam, untuk membuktikan efektivitas daun pepaya sebagai obat kanker ini. 

Itulah berbagai manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Ternyata dibalik rasa pahitnya tersimpan kandungan nutrisi yang besar ya dalam daun pepaya? Mulai sekarang, kamu bisa mulai mengkonsumsi daun pepaya ini untuk menjaga kesehatan kamu. Pahit sedikit tidak apa kan, asal untuk manfaat yang lebih besar? 

Tinggalkan komentar