Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kamu pasti sudah tidak asing dengan daun salam dan kegunaannya. Selama ini, daun ini memang digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada masakan. Namun, tahukah kamu jika ternyata manfaat daun salam untuk kesehatan? Kandungan nutrisi yang ada pada daun salam dipercaya mampu menjadi obat untuk beberapa penyakit seperti mencegah kanker, melancarkan sistem pencernaan, dan menurunkan kolesterol. 

Meski begitu, ternyata tidak semua orang cocok mengkonsumsi daun salam lho. Alih-alih membawa manfaat baik untuk kesehatan, daun salam justru bisa mengganggu kesehatan pada orang tertentu. Maka dari itu, kamu harus mengetahui juga apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan oleh daun salam ini. Inilah manfaat dan efek samping daun salam untuk kesehatan selengkapnya. 

Berbagai Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan 

manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan
(sumber gambar: recipemaker.com)

Daun salam yang direbus dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Inilah manfaat dari daun salam untuk kesehatan tubuh: 

1. Membantu Mengobati Penyakit Batu Ginjal 

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang bisa menyerang saluran pembuangan manusia. Daun salam dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi jenis enzim urease yang menjadi penyebab dari batu ginjal. Tidak hanya itu, daun salam juga dipercaya bisa mengatasi adanya gangguan lambung. Tentunya masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan khasiat daun salam untuk batu ginjal. 

2. Mencegah Penyakit Kanker 

Manfaat daun salam untuk kesehatan juga dipercaya untuk pencegahan penyakit kanker. Dalam hal ini, daun salam bisa mencegah adanya pertumbuhan sel kanker. 

3. Membantu Menurunkan Gula Darah 

Di dalam daun salam terkandung jumlah zat polifenol yang cukup tinggi. Zat ini serupa dengan anti oksidan dan memiliki kemampuan untuk menurunkan jumlah gula darah yang terlampau tinggi pada tubuh. Terutama pada orang yang memiliki diabetes. 

4. Menurunkan Jumlah Kolesterol Jahat Pada Tubuh 

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya adalah untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat pada tubuh. Sekaligus juga menambah jumlah kolesterol baik pada tubuh. Dengan begitu, daun salam bisa mencegah munculnya komplikasi penyakit jantung yang bisa menyerang penderita diabetes. 

5. Bermanfaat untuk Penghangat Tubuh 

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang terakhir adalah berperan sebagai “rubefacient” atau penghangat tubuh. Manfaat ini akan kamu dapatkan dari daun salam yang diolah menjadi salep. Sirkulasi darah pada kulit bisa menjadi lebih lancar dengan adanya daun salam ini. Selain itu, daun salam juga bisa mengatasi sakit perut, haid yang terlambat, maag dan rematik. 

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Salah Satunya untuk Malaria

Efek Samping Daun Salam untuk Kesehatan 

manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan
(sumber gambar: mokshamantra.com)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, meski bermanfaat untuk kesehatan tidak semua orang cocok dengan konsumsi daun salam ini. Sebab, dalam beberapa kasus muncul efek samping daun salam bagi yang mengkonsumsinya. Efek samping tersebut adalah seperti gangguan saluran pencernaan, reaksi alergi, adanya infeksi pada kulit, sesak napas, asma, dan radang akut pencernaan. 

Memang tidak semua orang mengalami efek samping ini. Bisa pula ada efek samping lain yang tidak disebutkan disini. Oleh karena itu, sebelum mengambil manfaat daun salam untuk kesehatan akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Selain itu, ada beberapa pasien dengan kondisi tertentu yang tidak dianjurkan mengkonsumsi daun salam. Diantaranya adalah: 

1. Pasien yang Akan Menjalani Operasi Bedah 

Saat menjalankan pembedahan, obat anestesi atau penghilang rasa sakit akan sangat berperan penting untuk keselamatan pasien. Jika kamu akan operasi dalam waktu dekat, maka jangan mengkonsumsi daun salam. Paling tidak 2 minggu sebelum operasi dilakukan. 

Hal ini diakibatkan di dalam daun salam memiliki kandungan yang bisa memperlambat kinerja saraf dan otak kamu. Akibatnya, efek obat-obatan anestesi tidak akan bekerja dengan maksimal. Baik saat pembedahan berlangsung atau bahkan setelahnya. Maka dari itu, hindari konsumsi daun salam jika kamu akan menjalani operasi bedah. 

2. Para Penderita Diabetes

Manfaat daun salam untuk kesehatan, salah satunya memang untuk diabetes. Daun salam dipercaya bisa membantu menurunkan gula darah. Namun, perlu dipahami juga ada resiko yang menyertainya. Daun salam berpotensi menyebabkan adanya reaksi hipoglikemia akibat adanya gula darah yang turun secara berlebihan dan tidak bisa dikendalikan. Jadi, bagi para penderita diabetes akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter dahulu. 

3. Ibu Menyusui dan Ibu Hamil 

Bagi ibu hamil ataupun menyusui akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum konsumsi daun salam. Sebab, meski dianggap sangat bermanfaat untuk kesehatan, belum ada penelitian yang berhasil membuktikan manfaat daun salam dan takaran aman konsumsi daun salam untuk ibu hamil dan menyusui. 

Nah, itulah manfaat daun salam untuk kesehatan sekaligus efek sampingnya. Meski memiliki banyak manfaat, daun salam tetap membutuhkan konsultasi kepada dokter sebelum konsumsinya ya. Sebab, efek samping bisa saja terjadi pada beberapa kondisi tubuh yang mengkonsumsinya. Dengan begitu, manfaat daun salam untuk kesehatan bisa didapatkan dengan optimal tanpa efek samping. 

Tinggalkan komentar