Ini 7 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Daun seledri pasti sudah tidak asing ditelinga kamu. Jenis daun ini banyak sekali digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih sedap dan beraroma lezat. Usut punya usut, jus seledri juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu resep minuman kesehatan lho. Ini diakibatkan adanya manfaat daun seledri untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

7 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan 

Daun seledri sendiri punya nama ilmiah Apium graveolens. Ada berbagai nutrisi di dalam daun ini, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, serta kalium. Kandungan ini membuat seledri menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jumlah antioksidan dalam seledri juga tergolong tinggi. Inilah berbagai manfaat daun seledri untuk kesehatan: 

1. Membantu Melindungi Organ Hati 

manfaat-daun-seledri-untuk-kesehatan
(sumber gambar: todayshow.com)

Sebagai organ tubuh manusia yang memiliki peranan yang vital, kesehatan hati memang wajib dijaga. Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang pertama adalah untuk membantu melindungi adanya kerusakan pada organ hati. Organ hati manusia memiliki resiko kerusakan akibat adanya zat karbon tetraklorida dan juga paracetamol. Namun, daun seledri bisa mencegahnya. 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun seledri bisa memicu perbaikan struktur pada jaringan hati yang rusak. Ketika hati mengalami kerusakan, maka kadar albumin, SGPT, SGOT dan protein akan tidak biasa atau abnormal. Sementara itu, pemberian ekstrak daun seledri bisa membantu memperbaiki keadaan tersebut dengan mengembalikan struktur hati yang rusak. 

2. Melancarkan dan Melindungi Sistem Pencernaan 

Daun seledri juga punya manfaat yang baik untuk pencernaan. Ini disebabkan oleh adanya kandungan polisakarida yang berbasis pektin di dalam daun ini. Tidak hanya itu ekstrak etanol pada daun seledri juga melindungi dan menekan adanya produksi asam lambung. Tidak heran jika konsumsi daun seledri bisa membantu mencegah maag, melancarkan pencernaan sekaligus menjaganya, dan memperbaiki lapisan lambung yang rusak. 

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah 

Manfaat daun seledri untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk tekanan darah. Suatu penelitian membuktikan bahwa ekstrak seledri bisa membantu penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini tidak terlepas dari zat n-butylphthalide dan sedanolide yang ada di dalam seledri. Perlu kamu tahu juga bahwa kedua zat ini juga yang memunculkan aroma khas pada daun seledri lho! 

4. Meringankan Nyeri Haid 

manfaat-daun-seledri-untuk-kesehatan
(sumber gambar: tiphero.info)

Bagi wanita yang sering mengeluhkan nyeri saat haid, daun seledri bisa jadi solusinya. Suatu penelitian menemukan bahwa konsumsi produk yang memiliki kandungan seledri dan bahan lain ternyata bisa mengurangi rasa nyeri dan lamanya nyeri yang dirasakan ketika kamu haid. Dengan begitu, haid bisa berjalan lebih normal dan tidak diiringi dengan nyeri yang menyiksa. 

5. Menjadi Obat Pengusir Nyamuk 

Minyak yang dihasilkan dari seledri nyatanya bisa mengusir nyamuk. Tentunya dengan campuran bahan lain seperti vanilin. Bahkan, ekstrak seledri juga sering ditambahkan pada gel untuk mengusir nyamuk karena efektivitasnya bisa meningkat dibanding gel pengusir nyamuk biasa tanpa ekstrak seledri. 

Tidak hanya itu, larva nyamuk Aedes aegypti juga ternyata bisa dibasmi dengan minyak seledri. Dengan begitu, nyamuk penyebab demam berdarah dengue ini bisa dibasmi sebelum membahayakan kesehatan kamu. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk menggunakan seledri sebagai obat pengusir nyamuk? 

Baca Juga: Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

6. Sumber Antioksidan dan Anti Peradangan yang Baik 

Seperti yang kamu tahu, radikal bebas adalah proses yang bisa memberikan efek negatif untuk kesehatan. Manfaat daun seledri untuk kesehatan satu ini tidak terlepas dari antioksidan di dalamnya. Kandungan antioksidan yang ada di dalam seledri bisa membantu untuk melawan efek dari radikal bebas ini. Tidak hanya itu, zat apiin dan apiuman yang ada di dalam seledri juga bisa membantu menekan proses inflamasi atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh. 

7. Menurunkan Kolesterol Tubuh 

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang terakhir adalah membantu menurunkan kolesterol. Ekstrak daun seledri memiliki kemampuan untuk menurunkan trigliserida, lipoprotein densitas rendah, dan kolesterol jahat di dalam tubuh. Tidak heran jika konsumsi seledri sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dari ancaman kolesterol. 

 Selain berbagai manfaat seledri untuk kesehatan yang telah disebutkan, daun ini juga masih punya manfaat lain yang luar biasa. Seperti meningkatkan nafsu makan, melancarkan BAB, mengatasi kelelahan, dan mengatasi sakit kepala. Selain itu, juga bisa membuat tubuh rileks dan tidur jadi lebih berkualitas. 

Nah, itulah berbagai manfaat daun seledri untuk kesehatan yang sayang kamu lewatkan. Untuk mengkonsumsi seledri, kamu bisa mengolahnya menjadi jus. Pilih seledri yang bagus dan segar, kemudian tambahkan bahan lain seperti perasan lemon, buah pir, atau sayur bayam. Setelah itu masukkan ke blender dan blender sampai halus. Kamu juga bisa menyantapnya sebagai camilan sehat dengan langsung memakan batang seledri segar bersama selai kacang. 

Tinggalkan komentar