Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Herbal yang Luar Biasa

Daun sirih atau yang memiliki nama latin Piperaceae adalah jenis daun yang sangat populer untuk obat herbal di Indonesia. Rasanya, kamu pasti sering menjumpai orang menggunakan manfaat daun sirih untuk kesehatan. Banyak orang tua zaman dulu yang menggunakan daun sirih untuk dikunyah, baik daun sirih merah atau daun sirih hijau. Saat dikunyah, sirih memberikan sensasi dingin di mulut dan nafas menjadi segar. 

Perlu kamu tahu juga bahwa kandungan air yang ada di dalam daun sirih terbilang cukup tinggi. Bahkan, sekitar 85%-90% dari komposisi daun sirih terdiri dari air. Selain itu, daun sirih juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, B1, B2, protein, sodium, asam nikotinat, dan juga iodin. Daun ini juga dikenal rendah kalori dan lemak. Penasaran apa saja manfaat daun sirih lainnya? 

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan 

Dengan beragamnya kandungan nutrisi dalam daun sirih, tidak heran jika banyak orang menggunakan daun ini untuk obat herbal. Inilah manfaat daun sirih selengkapnya: 

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol 

manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan
(sumber gambar: assets.thirdage.com)

Daun sirih memiliki khasiat untuk menurunkan tekananan darah dan kolesterol. Manfaat daun sirih ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Dengan kandungan antioksidan ini, kadar trigliserida dan kolesterol jahat bisa diturunkan dengan lebih optimal. Bahkan daun sirih juga membantu mengurangi lemak total jahat di dalam darah. 

Sebaliknya, daun sirih akan meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam darah. Dengan begitu kesehatan jantung kamu bisa lebih terjaga dengan daun sirih. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, kamu bisa merebus beberapa lembar sirih dengan air. Setelah itu minum 2 kali sehari setiap hari untuk hasil yang optimal. 

2. Menyehatkan Organ Reproduksi 

Manfaat daun sirih yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu. Selama ini sirih memang sering dijumpai dalam produk kebersihan organ intim wanita. Daun sirih memang memiliki khasiat untuk mengurangi keputihan. Khasiat ini terutama untuk para wanita yang muda dan produktif untuk punya anak. 

Selain itu, air rebusan daun sirih juga bisa menambah level kesuburan untuk wanita lho. Daun sirih akan bekerja untuk menurunkan kadar level estrogen yang bisa mempengaruhi kesuburan pada rahim. Hasilnya, organ reproduksi wanita bisa menjadi lebih sehat. 

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh

3. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi 

manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan
(sumber gambar: hellosehat.com)

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, banyak orang tua yang memiliki kebiasaan mengunyah sirih. Manfaat daun sirih memang terbukti baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Sebagai bagian tubuh yang rentan akan bakteri, mulut memang harus dijaga higienitasnya. Nah, kamu bisa berkumur atau mengunyah daun sirih agar bakteri mulut bisa dicegah pertumbuhannya. 

Daun sirih yang dikunyah dengan biji pinang juga ternyata bisa mempercepat produksi air liur pada rongga mulut. Dengan produksi air liur yang besar, protein dan mineral yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi bisa tercukupi dengan baik. Air liur juga akan membantu membersihkan gigi dari adanya sisa makanan. 

Penelitian juga mengungkapkan bahwa manfaat daun sirih bisa menghambat bakteri penyebab plak gigi. Bakteri tersebut diantaranya adalah Treponema denticola, Porphyromonas gingivalis, Staphylococci, Corynebacterium, Streptococci, dan Lactobacilli. Dengan begitu, karies gigi yang bisa merusak kesehatan gigi bisa dicegah. Tidak heran jika banyak orang tua yang giginya sehat karena mengunyah daun sirih ya! 

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Manfaat daun sirih hijau atau merah juga ditemukan untuk kesehatan pencernaan. Daun sirih bisa memicu adanya produksi lendir yang mencegah luka pada lambung dan dinding usus. Tidak hanya itu, nyeri lambung dan gejala GERD juga bisa dicegah dengan konsumsi daun sirih. 

Ketika asam lambung, daun sirih juga punya khasiat untuk mengembalikan pH asam lambung menjadi normal kembali. Dengan begitu, penyakit maag, sakit akibat kembung, dan refluks asam lambung, bisa dicegah dengan lebih optimal. Kamu yang mengkonsumsi daun sirih untuk pencernaan juga berpotensi memiliki metabolisme saluran cerna yang sehat dan lancar. 

Kamu bisa terhindar dari sembelit dan diare karena metabolisme yang lancar di dalam saluran cerna. Ini dimulai dari produksi air liur yang meningkat akibat daun sirih. Air liur akan membantu melembutkan makanan dan mengikatnya dengan lebih baik. Hasilnya, proses pencernaan makanan bisa menjadi lebih lancar dan sehat. 

5. Membuat Proses Penyembuhan Luka Bakar Makin Cepat 

Tidak hanya organ dalam, manfaat daun sirih juga bisa kamu dapatkan untuk pengobatan luka bakar. Adanya luka bakar memicu stress oksidatif yang tinggi dalam tubuh. Akibatnya, penyembuhan luka bakar bisa dihambat. Nah, manfaat daun sirih akan membantu menghambat reaksi oksidatif dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan begitu, luka bakar bisa pulih dengan lebih cepat. 

Itulah berbagai manfaat daun sirih untuk obat herbal yang luar biasa. Bagaimana? Sangat besar bukan manfaat daun sirih untuk kesehatan? Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan jenis daun ini untuk menjaga kesehatan tubuh mu ya! 

Tinggalkan komentar