Wajib Catat! Ini 7 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Pernahkah kamu mendengar obat habbatussauda? Mungkin kamu akan lebih familiar dengan istilah jinten hitam. Habbatussauda atau jinten hitam adalah sejenis biji-bijian yang berasal dari Timur Tengah. Manfaat habbatussauda untuk kesehatan juga dikenal sangat banyak. Ini disebabkan oleh kandungan zat besi, serat, natrium, kalium, dan antioksidan yang ada di dalam jinten hitam ini. 

Biji jinten hitam ini sebenarnya berasal dari tanaman Nigella sativa. Tanaman yang asli tumbuh di daerah Asia Barat dan Asia Selatan. Di Timur Tengah, jinten hitam digunakan untuk bumbu masakan dan pengawet alami. Lalu, apa saja manfaat dari jinten hitam ini?

7 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan 

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan juga telah dibuktikan oleh penelitian. Biji-bijian ini juga memiliki efek anti peradangan (inflamasi), analgesik, antibakteri, dan diuretik. Masyarakat Indonesia juga sudah sering menggunakan biji ini untuk pengobatan herbal berbagai penyakit seperti hipertensi, kolesterol, dan sebagainya. Inilah manfaat habbatussauda untuk kesehatan selengkapnya. 

1. Membantu Tubuh Melawan Kanker 

manfaat-habbatussauda-untuk-kesehatan
(sumber gambar: idntimes.com)

Di dalam habbatussauda terkandung senyawa antioksidan etanol. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk menghambat ganasnya sel kanker. Cara kerjanya adalah antioksidan ini akan memberikan perlindungan tubuh dari adanya proses stres oksidatif yang berlebihan. Seperti yang kamu tahu, stres oksidatif yang berlebihan bisa memicu penyakit kronis pada tubuh, termasuk kanker. Dengan konsumsi jinten hitam, resiko penyakit kanker bisa dicegah

Selain itu, efek antikanker juga didapatkan dari adanya senyawa Thymoquinone, yang bisa mengurangi ukuran dari tumor ganas. Bahkan, antikanker yang ada dalam senyawa ini juga bisa membantu menghambat adanya pertumbuhan sel kanker yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. 

2. Membantu Tubuh Melawan Infeksi 

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk melawan infeksi. Ini disebabkan adanya sifat antibakteri dan antivirus dalam jinten hitam. Bahkan, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa jinten hitam ini bisa membasmi virus yang memicu penyakit flu, HIV, dan hepatitis C. Pertumbuhan bakteri dan jamur yang beresiko untuk kesehatan juga bisa dihambat dengan konsumsi habbatussauda secara rutin. 

3. Membantu Melindungi Organ Tubuh Hati dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

manfaat-habbatussauda-untuk-kesehatan
(sumber gambar: popmama.com)

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan juga ditemukan untuk organ hati. Resiko kerusakan hati bisa dicegah dengan jinten hitam. Sebab, di dalam jinten hitam terdapat antioksidan yang tinggi dan berfungsi sebagai anti peradangan. Dengan begitu kerusakan hati bisa dicegah dengan lebih optimal. 

Jinten hitam juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang terlalu tinggi bisa memicu munculnya berbagai penyakit yang berbahaya seperti jantung dan juga stroke. Namun, jinten hitam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik sehingga resiko penyakit kronis akibat kolesterol tinggi bisa dicegah. 

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

4. Meningkatkan Kualitas Sperma Pada Pria 

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan juga diketahui sangat baik untuk sperma pria. Terutama pada pria yang memiliki kebiasaan untuk merokok. Nikotin yang ada pada rokok bisa membuat kelincahan sperma untuk berenang menjadi menurun dan merusak struktur jaringan testis. Jika hal ini terjadi, kesuburan seorang pria bisa terganggu. 

Habbatussauda dalam hal ini meningkatkan kualitas sperma pria. Jinten hitam bisa membantu testis mengembalikan struktur jaringannya yang rusak. Hal ini bahkan telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh University of Malaysia pada tahun 2014. 

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan juga sangat baik untuk penderita hipertensi. Hipertensi adalah kondisi tekanan darah yang terlampau tinggi dan bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan. Habbatussauda memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar hipertensi yang terlampau tinggi tersebut. Bahkan hal ini juga dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Shahrekord University of Medical Science. 

6. Berperan sebagai Antiradang 

Habbatussauda juga memiliki efek anti radang yang baik untuk tubuh. Beberapa penyakit peradangan yang bisa muncul adalah alergi, radang sendi, dan sinusitis. Dengan konsumsi jinten hitam, berbagai penyakit ini bisa dicegah dengan lebih optimal. Selain itu, penelitian juga membuktikan jika jinten hitam juga bisa mengurangi frekuensi asma pada penderita asma. 

7. Membantu Mengatasi Gejala Diabetes Tipe 1 

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk mengatasi gejala diabetes tipe 1. Ini diakibatkan oleh adanya senyawa aktif Thymoquinone (TQ) yang ditemukan pada jinten hitam. Suntikan atau injeksi Thymoquinone (TQ) dalam dosis yang tinggi bisa menghentikan perkembangan diabetes tipe 1. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Teknologi Mara Malaysia pada tahun 2014. 

Itulah berbagai manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang sangat luar biasa. Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, perlu kamu pahami bahwa konsumsi jinten hitam juga tidak boleh berlebihan. Akan sangat dianjurkan bagi kamu untuk berkonsultasi ke dokter dahulu sebelum menggunakan manfaat habbatussauda untuk kesehatan. Dengan begitu, efek samping yang mungkin bisa terjadi bisa dihindari. 

Tinggalkan komentar