Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Mencengangkan

Di Indonesia, jahe adalah salah satu rempah yang punya segudang khasiat untuk kesehatan. Baik jenis jahe putih maupun jahe merah seringkali digunakan sebagai pilihan alternatif obat herbal yang menyehatkan. Jahe merah memiliki ukuran rimpang yang lebih kecil dibandingkan jahe putih, selain itu rasanya juga lebih pedas dan pahit. Namun, dibalik ukurannya manfaat jahe merah untuk kesehatan ternyata sangat banyak. 

Di dalam jahe merah terkandung banyak sekali nutrisi dan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Seperti diantaranya adalah vitamin A, C, B1, B3, minyak atsiri, zingibain, fenolik, dan gingerol. Selain itu, jahe merah juga memiliki senyawa khusus seperti zingeron, shogaol, farnesene, serat serin, capsaicin dan lain sebagainya. Dengan senyawa ini Anda bisa memanfaatkan jahe merah sebagai obat herbal yang luar biasa. 

6 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh 

Inilah manfaat jahe merah untuk kesehatan selengkapnya: 

1.   Mengurangi Nyeri Sendi dan Otot 

manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan
(sumber gambar: KlikDokter.com)

Kalau kamu punya keluhan seputar nyeri sendi atau otot, maka jahe merah bisa menjadi obat herbal yang bisa kamu konsumsi. Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh penelitian dari American College of Rheumatology. Dari hasil penelitian itu, diketahui jika jahe merah memiliki khasiat yang bisa mengurangi gejala osteoarthritis seperti nyeri pada otot contohnya. 

Ilmuwan berpendapat jika khasiat jahe merah ini tidak terlepas dari senyawanya yang berperan sebagai anti peradangan alami untuk kesehatan. Sehingga gejala peradangan sendi yang bisa menyebabkan nyeri bisa diatasi dengan konsumsi jahe merah. Senyawa yang berperan untuk mengatasi peradangan tersebut diantaranya adalah zingeron, gingerdione, dan gingerol. 

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol 

Bagi kamu yang punya kolesterol tinggi juga bisa mengkonsumsi jahe merah untuk kesehatan. Berbagai senyawa baik yang ada di jahe merah punya peran penting untuk membuang racun di dalam tubuh, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol yang jahat memang berbahaya jika menumpuk dalam tubuh karena bisa menghambat aliran darah. Maka dari itu, kolesterol ini harus diturunkan. Jahe merah juga akan memperlancar aliran darah sehingga tubuh bisa lebih sehat. 

3. Mengatasi dan Mencegah Masalah Pencernaan 

manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan
(sumber gambar: hellosehat.com)

Manfaat jahe merah untuk kesehatan selanjutnya adalah manfaatnya untuk mengatasi dan mencegah masalah pencernaan. Ekstrak jahe merah memiliki agen bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat penyebab berbagai sakit perut. Seperti bakteri jahat E. coli, Salmonella, dan Staphylococcus aureus. 

Selain itu, ekstrak jahe merah juga bisa mencegah tubuh dari adanya reaksi keracunan makanan akibat bakteri. Rasa hangat yang ditimbulkan dari jahe merah juga bisa membantu pencernaan menjadi lebih tenang. Tidak heran jika perut akan terasa lebih baik setiap konsumsi jahe merah hangat. 

Baca Juga: Wajib Catat! Ini 7 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

4. Membantu Mengatasi Nyeri Haid 

Tidak hanya untuk masalah perut, manfaat jahe merah untuk kesehatan juga akan kamu rasakan untuk nyeri haid. Bahkan, hasil uji klinis yang dilakukan telah membuktikan khasiat jahe merah yang satu ini. Jahe merah yang dicampur dengan minyak cengkeh bisa sangat menurunkan intensitas nyeri haid yang luar biasa pada wanita. 

Uji klinis yang dilakukan melibatkan 30 orang siswi dan dilakukan selama 12 minggu. Hasilnya, minyak cengkeh dan jahe merah yang diolah menjadi krim, dan dioleskan pada perut bagian bawah saat sedang haid bisa membantu nyeri berkurang. Apalagi krim ini juga aman dan tidak menyebabkan iritasi apapun, sehingga sangat aman digunakan. 

5. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Jahe merah juga sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Konsumsi air rebusan jahe merah secara rutin bisa membakar lemak yang ada dalam perutmu. Selain itu, nafsu makan bisa dikurangi dengan alami sehingga berat badan bisa turun. 

Tapi, harus kamu ingat jika konsumsi air jahe merah ini harus lebih diperhatikan bagi penderita asam lambung dan maag yang akut. Akan disarankan bagi penderita asam lambung dan maag untuk tidak berlebihan dalam konsumsinya. Sebab, sensasi terbakar dalam pencernaan bisa memperburuk kondisi sakit lambung dan maag ini. 

6. Menurunkan Asam Urat pada Tubuh 

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Hal ini juga telah dicantumkan dalam halaman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang mengungkapkan jika jahe merah masuk dalam jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengobati asam urat. 

Selain itu, jahe merah juga bisa digunakan sebagai kompres yang akan mengurangi intensitas rasa nyeri yang dirasakan oleh pasien lansia. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian pada International Journal of Scientific dan Technology di tahun 2017. Tidak heran jika penderita asam urat bisa mengkonsumsi air rebusan jahe merah secara rutin dan menggunakannya sebagai kompres. 

Itulah berbagai manfaat jahe merah untuk kesehatan. Jahe merah memang memiliki manfaat yang luar biasa. Maka dari itu, meski memiliki rasa yang lebih pedas dan pahit, jangan ragu untuk mengkonsumsi jahe merah ini ya! 

Tinggalkan komentar