Manfaat Jengkol untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Siapa nih diantara kamu yang suka makan jengkol? Jengkol memang sangat populer sebagai salah satu masakan yang nagih. Apalagi kalau sudah diolah jadi semur jengkol yang lezat. Tapi tahukah kamu jika ada banyak manfaat jengkol untuk kesehatan? Ternyata, di dalam jengkol ada banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Inilah manfaat jengkol dan efek samping konsumsi jengkol yang harus kamu pahami.

6 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan 

manfaat-jengkol-untuk-kesehatan
(sumber gambar: tribunnews.com)

Jengkol memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Membantu Mencegah Anemia 

Manfaat jengkol untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mencegah anemia. Seperti yang kamu ketahui anemia adalah kondisi kurang darah yang diakibatkan kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Nah, jengkol memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah adanya anemia pada tubuh. 

Dengan konsumsi jengkol, kebutuhan zat besi untuk tubuh bisa terpenuhi. Selain itu, kamu yang sedang menstruasi juga akan disarankan untuk mengkonsumsi jengkol. Sebab, saat menstruasi kamu akan mengeluarkan darah dalam jumlah yang cukup banyak, agar zat besi tidak kurang, jengkol bisa jadi solusinya. 

2. Membantu Mencegah Penyakit Maag 

Manfaat jengkol untuk kesehatan juga sangat baik untuk maag. Hal ini juga sudah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh Global Journal of Pharmacology. Ekstrak jengkol yang diujikan terbukti bisa melindungi pencernaan dari penyakit seperti maag. Dalam penelitian itu menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah enzim superoxide dismutase (SOD), yang merupakan enzim yang akan melindungi pencernaan dari asam lambung. Jadi, agar terhindar dari maag kamu bisa mengkonsumsi jengkol. 

3. Melindungi Tubuh Radikal Bebas 

Radikal bebas yang berlebihan memang bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Radikal bebas bisa memicu beberapa penyakit yang berbahaya untuk kesehatan. Misalnya penyakit jantung, diabetes, dan gangguan metabolis lainnya. Jengkol mengandung jumlah antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu tubuh dalam mencegah radikal bebas.

4. Mengurangi Peradangan Pada Tubuh 

Manfaat jengkol untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengurangi peradangan tubuh. Hal ini juga telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Bangladesh Journal of Pharmacology. Dari penelitian ini diungkapkan bahwa ekstrak daun jengkol punya antimikroba yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Berbagai mikroorganisme yang bisa diatasi oleh jengkol diantaranya adalah Microsporum gypseum, Staphylococcus epidermidis, dan Staphylococcus aureus. Jadi, bisa diketahui bahwa jengkol bisa mencegah penyakit yang memang diakibatkan oleh berbagai mikroorganisme tersebut. 

5. Sebagai Sumber Protein 

Tidak hanya zat besi dan antioksidan, jengkol juga merupakan sumber protein yang tinggi. Jika selama ini kamu mendapatkan protein dari beberapa jenis makanan seperti tahu, susu, atau tempe, maka mulai sekarang kamu bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi jengkol ya. Dengan konsumsi jengkol maka protein bisa terpenuhi. 

Namun, tetap jangan mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang terlalu berlebihan ya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan itu tetap tidak baik untuk kesehatan. Jadi tetap konsumsi jengkol dalam jumlah wajar ya. 

6. Memperkuat Gigi dan Tulang 

Manfaat jengkol untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk kesehatan gigi dan tulang. Di dalam jengkol juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kedua zat inilah yang sangat berperan untuk kesehatan tulang dan gigi. Kebutuhan fosfor dan kalsium yang terpenuhi bisa mencegah tulang yang rapuh.

Baca Juga: Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Mencengangkan 

Efek Samping yang Mungkin Muncul Akibat Jengkol 

manfaat-jengkol-untuk-kesehatan
(sumber gambar: hellosehat.com)

Manfaat jengkol untuk kesehatan memang terbilang sangat banyak. Selain itu, jengkol juga bisa diolah menjadi banyak sekali jenis makanan sehingga sangat fleksibel untuk diolah. Meski begitu, akan tetap dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jengkol secara berlebihan ya. Sebab, di dalam jengkol juga tersimpan beberapa zat yang bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Zat tersebut adalah kandungan nitrogen yang ada di dalam tubuh. Nitrogen yang ada di bisa memicu gangguan kesehatan ginjal dan masalah pada sistem kemih pada manusia. Jadi harus benar-benar hati-hati saat mengkonsumsi jengkol agar tidak sampai muncul gejala keracunan yang disebut sebagai jengkolisme. 

Selain itu, gejala lain seperti anyang-anyangan, hematuria, hipertensi, nyeri perut, dan oliguria juga mungkin terjadi pada beberapa orang akibat konsumsi jengkol yang berlebihan. Konsumsi jengkol juga bisa menyebabkan keringat, tinja, urin, dan mulut menjadi bau. Meski bisa diatasi dengan sikat gigi dan mandi, namun tentu jangka panjangnya untuk kesehatan tetap tidak baik. 

Makan jengkol yang berlebihan juga bisa memberikan efek buruk pada jantung, ginjal, pankreas, dan hati. Maka dari itu akan sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Batasi konsumsi jengkol kamu meski sangat menyukai makanan ini ya. Jangan sampai manfaat jengkol untuk kesehatan yang baik justru berubah menjadi bahaya yang mengancam kesehatan kamu. 

Tinggalkan komentar