Fakta Manfaat Madu untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Madu atau yang dalam bahasa Inggris disebut honey, memang dikenal sebagai salah satu superfood. Sebutan ini diberikan untuk makanan yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Didalam madu terkandung sekitar 17,1% air. Manfaat madu untuk kesehatan, tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam. 

Beberapa nutrisi yang ada di dalam madu diantaranya adalah vitamin A, vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, asam fenolik, karotenoid, dan flavonoid. Madu juga memiliki kalsium, zat besi, zinc, dan juga magnesium. Berbagai enzim penting yang berguna untuk kesehatan juga bisa ditemukan di dalam madu. Lalu, apa saja manfaat madu untuk kesehatan? 

5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh 

Kandungan tertinggi di dalam madu adalah fruktosa yang mencapai 38,5%. Fruktosa inilah yang memberikan rasa manis pada madu karena senyawa ini adalah gula alami. Nah, inilah manfaat madu untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan: 

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah 

manfaat madu untuk kesehatan
(sumber gambar: KlikDokter.com)

Manfaat madu untuk kesehatan diawali dengan manfaatnya untuk tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah yang terlalu tinggi memang bisa mengarah ke resiko penyakit jantung, sehingga sangat berbahaya dan harus dijaga agar tekanannya selalu stabil. Nah, untuk menjaga tekanan darah ini kamu bisa mengkonsumsi madu. 

Antioksidan yang terdapat dalam madu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, asam fenolik yang ditemukan dalam madu juga berkhasiat untuk menstabilkan tekanan darah. Dengan begitu, kesehatan jantung bisa dijaga dengan lebih optimal. 

2.  Membantu Meredakan Batuk dan Melegakan Tenggorokan 

Sudah sejak lama masyarakat menggunakan madu sebagai obat alami batuk. Ternyata, khasiat madu yang satu ini telah terbukti oleh banyak penelitian lho. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa memang khasiat madu sangat baik untuk batuk, bahkan tidak kalah dari efek obat batuk kimia yang diresepkan oleh dokter. 

Madu juga bisa meredakan batuk di malam hari dan memperbaiki kualitas tidur pada penderita batuk lebih baik dibanding obat biasa. Rasa madu yang manis juga memicu produksi air liur lebih banyak. Air liur ini akan berfungsi melembabkan tenggorokan yang kering saat kamu batuk, dengan begitu rasa gatal di tenggorokan bisa diredakan dan tidak memicu batuk. 

Kandungan flavonoid yang ada dalam madu juga bisa meredakan peradangan yang bisa memicu batuk. Meski begitu, tidak disarankan untuk menjadikan madu sebagai obat batuk bagi anak yang berusia dibawah 1 tahun ya. Sebab, anak dibawah 1 tahun belum mempunyai sistem pencernaan yang kuat sehingga belum mampu mencegah adanya kontaminasi tertentu yang bisa saja ditemukan pada madu. 

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Resep Masker Lidah Buaya

3. Membantu Menyehatkan Tubuh dan Meningkatkan Imunitas 

manfaat kunyit untuk kesehatan
(sumber gambar: HelloSehat.com)

Jika kamu adalah orang dengan aktivitas yang super sibuk dan padat, maka kamu bisa mulai mengkonsumsi madu secara rutin agar kesehatan lebih terjaga. Sebab, di dalam madu terkandung senyawa fitonutrien yang punya peran untuk memperkuat sel kekebalan tubuh (imunitas). Ini juga membantu memperkecil adanya infeksi akibat bakteri dan jamur.

Tidak heran jika banyak orang tua yang menyarankan untuk minum air madu dipagi hari atau 1 sendok madu dipagi hari sebelum beraktivitas. Sebab, dengan kandungan senyawa itu, kekebalan tubuh memang bisa lebih terjaga. Hasilnya, meski kesibukan padat, kamu jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. 

4. Membantu Menangkal Radikal Bebas 

Manfaat madu untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Fitonutrien dan vitamin yang ada di madu adalah antioksidan alami untuk melawan radikal bebas. Konsumsi madu bisa membuat kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat aktivitas stres oksidatif bisa dicegah dengan lebih optimal. Dengan begitu, berbagai penyakit yang dipicu dari radikal bebas bisa dicegah. 

5. Madu Berperan Sebagai Agen Antibakteri 

Manfaat madu untuk kesehatan juga termasuk perannya sebagai agen antibakteri. Di dalam madu terdapat senyawa hidrogen peroksida dan senyawa keasaman alami, kedua zat inilah yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri. Tidak heran jika madu sering dimanfaatkan untuk meredakan sakit pada lambung dan membantu mempercepat penyembuhan luka. 

Bahkan dalam satu penelitian yang dilakukan, madu bisa menghambat beberapa jenis bakteri yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Contohnya bakteri Salmonella dan bakteri E.coli.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Manfaat madu untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Fitonutrien dalam madu bisa membantu melancarkan aliran darah dan mencegah adanya aterosklerosis, dengan begitu kesehatan jantung bisa lebih terjaga dengan optimal. Kadar kolesterol jahat dan adanya lemak dalam darah juga bisa diturunkan dengan alami menggunakan madu. 

Itulah berbagai manfaat madu untuk kesehatan yang memang sangat luar biasa. Mulai dari menurunkan tekanan darah, batuk, hingga sistem kekebalan tubuh kamu. Dengan manfaatnya yang luar biasa, tidak heran jika madu dijuluki sebagai superfood. Kamu juga bisa mengkonsumsi madu secara rutin agar kesehatan tubuh lebih terjaga. 

Tinggalkan komentar