Pahami Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Buah mengkudu juga dikenal dengan sebutan buah pace atau buah noni. Buah ini memiliki rasa yang pahit dan bau yang sangat menyengat. Meski begitu, buah ini sangat terkenal akan manfaatnya yang sangat beragam bagi kesehatan. Untuk mengolahnya, kamu bisa membuat mengkudu sebagai jus atau langsung mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul. Dibalik rasa dan aromanya yang kuat, manfaat mengkudu untuk kesehatan memang tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Berbagai khasiat ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam mengkudu. Dalam 1 buah mengkudu, kamu dapat menemukan 90% kandungan air dan sisanya terdiri dari protein, asam amino, dan juga gula. Tidak hanya itu, kandungan lain seperti magnesium, kalium, fosfor, sulfur, selenium, vitamin A, vitamin B3, vitamin C, serta kalsium juga bisa kamu dapatkan dari buah mengkudu ini. 

5 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan 

manfaat mengkudu untuk kesehatan
(sumber gambar: hellosehat.com)

Dengan berbagai nutrisi tersebut, apa saja manfaat mengkudu untuk kesehatan? Berikut manfaat tersebut: 

1. Mengkudu Bisa Membantu Mengurangi Lemak Tubuh 

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengurangi lemak tubuh. Khasiat ini akan sangat bagus terutama bagi kamu yang memang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet. Khasiat mengkudu ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Hasilnya, banyak orang yang memang berhasil menurunkan berat badan mereka dengan bantuan buah mengkudu. 

2. Membantu Mengatasi Peradangan Sendi (Arthritis) 

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang sudah lama dimanfaatkan oleh banyak orang adalah manfaatnya untuk mengatasi peradangan pada sendi atau arthritis. Penderita radang sendi akan merasakan nyeri yang luar biasa ketika penyakit ini kambuh. Nah, konsumsi buah mengkudu dipercaya bisa meringankan rasa nyeri yang dirasakan. Ini juga dibuktikan oleh penelitian yang mengemukakan jika pasien radang sendi mengalami penurunan rasa nyeri dan frekuensinya setelah mengkonsumsi buah mengkudu. 

3. Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Manfaat mengkudu untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini disebabkan adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam mengkudu. Vitamin C dalam mengkudu akan bekerja untuk melindungi sel-sel tubuh dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit kronis. 

Tidak hanya itu, mengkudu juga memiliki kandungan scopoletin yang punya sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur, dan anti histamin. Dengan senyawa ini, mekanisme perlindungan tubuh bisa menjadi lebih tinggi. Antibakteri dalam mengkudu juga bisa melawan berbagai bakteri penyebab penyakit seperti E.coli, Proteus vulgaris, dan sebagainya. 

4. Menurunkan Turunkan Tekanan Darah 

Mengkudu juga bisa kamu konsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ini diakibatkan adanya efek mengkudu terhadap angiotensin converting enzyme (ACE) yang memiliki fungsi mengatur tekanan darah. 

5. Membantu Menurunkan Kolesterol 

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk menurunkan kolesterol. Khasiat mengkudu ini telah dibuktikan penelitian yang dilakukan oleh Illinois College of Medicine. Penelitian tersebut mengungkapkan jika kamu mengkonsumsi jus mengkudu secara rutin selama 1 bulan, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa berkurang. Terutama bagi perokok berat. 

Baca Juga: Intip Manfaat Lotus untuk Kesehatan Berikut Ini

Efek Samping Mengkonsumsi Mengkudu yang Harus Dipahami 

manfaat mengkudu untuk kesehatan
(sumber gambar: Tribunnews.com)

Meski manfaat mengkudu untuk kesehatan memang sangat banyak, kamu tetap harus memahami efek samping dari mengkudu. Jika kamu mengkonsumsi mengkudu hanya sekali-kali saja maka itu tidak masalah. Namun, jika kamu menggunakan mengkudu sebagai sebuah obat, maka kamu juga harus memperhatikan dosis dan takarannya agar tidak berlebihan. Mengapa demikian? 

Ini disebabkan adanya laporan yang mengemukakan jika pada beberapa kasus, orang yang mengkonsumsi jus buah mengkudu secara rutin, justru mengalami kerusakan hati. Selain itu, kalium yang tinggi dalam mengkudu juga memiliki kemungkinan untuk mengakibatkan kondisi kelebihan kalium atau hipokalemia dalam tubuh. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kaitan kerusakan hati dengan konsumsi mengkudu yang rutin ini. 

Melihat fakta ini, kamu harus tetap berhati-hati saat akan menggunakan mengkudu untuk obat herbal. Kamu akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter dan mendapatkan persetujuan dokter sebelum mengkonsumsi mengkudu. Selain itu, beberapa orang dengan kondisi tertentu juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi mengkudu. Diantaranya adalah:

  1. Orang yang memiliki masalah atau gangguan pada hati 
  2. Penderita gangguan organ ginjal
  3. Sedang mengkonsumsi obat lain seperti warfarin untuk memperlambat penggumpalan darah 
  4. Sedang meminum obat penurun tekanan darah dan obat yang bersifat diuretik 

Itulah berbagai manfaat mengkudu untuk kesehatan. Dibalik aroma dan rasanya yang kuat, mengkudu memang punya khasiat yang tidak bisa disepelekan untuk kesehatan. Namun, efek samping dari mengkudu juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai manfaat mengkudu untuk kesehatan justru menjadi bumerang yang menyerang kesehatan tubuh kamu. Cara terbaik agar tetap aman dan sehat adalah dengan mengkonsumsi mengkudu secara wajar. Selain itu, selalu konsultasikan terhadap dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan mengkudu sebagai obat alternatif. 

Tinggalkan komentar