Manfaat Mentimun untuk Wajah yang Harus Kamu Tau

Kamu pasti sudah sering melihat orang menempelkan mentimun ke bagian mata mereka untuk mengurangi mata panda. Selain itu, banyak produk kecantikan yang juga memiliki ekstrak kandungan mentimun. Hal ini tidak mengherankan, karena sebenarnya manfaat mentimun untuk wajah memang sangat baik. 

Mentimun memang tidak hanya segar untuk disantap dan penuh gizi. Mentimun memiliki kandungan air yang besar dan dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Selain untuk kesehatan, kandungan yang ada dalam mentimun juga dipercaya sangat baik untuk menutrisi kulit wajah. Lalu, apa saja manfaat mentimun untuk wajah? 

5 Manfaat Mentimun untuk Wajah 

Inilah beberapa manfaat mentimun untuk wajah yang harus kamu ketahui: 

1. Membantu Mengembalikan Kesehatan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari 

manfaat mentimun untuk wajah
(sumber gambar: KlikDokter.com)

Terik sinar matahari memang bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan kulit wajah. Terutama saat kamu diharuskan beraktivitas di luar rumah pada siang hari. Bagian wajah seperti pipi, hidung, dan dahi bisa iritasi akibat terik matahari. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan mentimun. 

Jadi, di dalam mentimun, kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, kalium, sulfat, dan air bisa mengembalikan kesehatan dan kelembaban kulit setelah terbakar sinar matahari yang terik. Untuk mendapatkan manfaat ini juga sangat mudah. Kamu cukup menaruh irisan mentimun yang sudah dicuci bersih ke area wajah. Setelah itu tunggu hingga 15 menit. Jika sudah bilas hingga bersih. 

2. Membantu Melawan Tanda Penuaan Dini 

Manfaat mentimun untuk wajah selanjutnya adalah melawan tanda penuaan dini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di dalam timun terkandung antioksidan yang tinggi. Nah, antioksidan inilah yang punya peran besar untuk melawan tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus pada wajah. 

Tidak hanya itu, vitamin C dan asam folat yang ada di dalam timun juga bisa membantu produksi sel baru menjadi lebih cepat. Dengan begitu, regenerasi kulit wajah bisa menjadi semakin optimal.

3. Melembabkan Permukaan Kulit Wajah 

manfaat mentimun untuk wajah
(sumber gambar: Orami.co.id)

Manfaat mentimun untuk wajah juga tidak terlepas dari kandungan airnya yang tinggi. Air yang ada pada timun bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan tidak kering. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa mencampur mentimun dengan bahan lain seperti madu, lidah buaya, atau bahkan yoghurt. 

Dengan tambahan bahan lain, kandungan air yang ada di dalam mentimun bisa bekerja lebih efektif untuk melembabkan kulit. Jangan lupa pula untuk menggunakan pelembab wajah setelah memakai masker dari mentimun ini ya. Sebab, penelitian menunjukkan jika tidak diikuti penggunaan pelembab setelah memakai timun, wajah justru bisa kehilangan hidrasi kulitnya. 

Baca Juga: Resep Masker Madu dan Manfaat Madu untuk Wajah

4. Membantu Memperkecil Kantung Mata yang Besar 

Adanya kantung mata yang besar bisa mengurangi penampilan dan menjadi tanda bahwa tubuh sedang kelelahan. Sebagai solusi, kamu bisa memanfaatkan mentimun untuk mengatasi hal ini. Bahkan khasiat timun untuk kantung mata juga telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Australian College of Dermatologist. 

Suhu dan sensasi dingin yang berasal dari mentimun, ternyata bisa membantu mengecilkan pembuluh darah pada mata dan mengurangi kantung mata yang besar. Meski begitu, efek ini ternyata hanya sementara. Langkah terbaik agar kantung mata tidak besar, adalah dengan beristirahat dengan cukup. 

5. Berfungsi untuk Toner Wajah 

Manfaat mentimun untuk wajah juga bisa dimanfaatkan sebagai toner. Dengan aplikasi toner mentimun ini, kulit wajah bisa menjadi lebih tenang dan sehat. Cara yang harus kamu tempuh untuk membuat toner alami dari mentimun juga sangat mudah. Caranya: 

  • Kupas dan cuci bersih timun dan iris timun secara tipis. 
  • Masukkan air ke panci dan rebus timun selama 4-6 menit. 
  • Setelah itu, haluskan timun yang sudah direbus sampai benar-benar lembut. Kamu bisa menggunakan blender agar air timun bisa keluar dengan sempurna. 
  • Saring air yang keluar dari timun dan masukkan ke dalam botol spray. 
  • Air inilah yang bisa kamu manfaatkan sebagai toner setelah membersihkan wajah. 

Racikan ini bisa kamu gunakan dalam waktu 3-4 hari. Lebih dari itu, tidak disarankan karena manfaat mentimun pasti sudah hilang dan tidak berjalan optimal lagi. Jadi, jangan sampai menggunakan toner ini lebih dari 4 hari ya. 

Itulah berbagai manfaat mentimun untuk wajah yang beragam. Mulai dari untuk jerawat, penuaan dini, hingga bisa dimanfaatkan sebagai toner wajah. Sebagai catatan, kamu juga harus tetap mengimbangi perawatan kulit wajah dengan berbagai rangkaian perawatan lainnya ya. Jangan hanya mengandalkan mentimun. 

Sebab, hasil perawatan akan jauh lebih optimal jika kamu juga mengiringinya dengan perawatan lain. Kamu juga bisa membuat masker timun yang dicampur dengan lidah buaya atau bahan lain seperti lemon dan susu. Dengan begitu, manfaat mentimun untuk wajah bisa bekerja lebih efektif untuk kesehatan kulit wajah kamu!  

Tinggalkan komentar