Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Kamu pasti sudah sering melihat proses memasak yang menggunakan minyak zaitun. Jenis minyak ini memang dinilai memiliki tingkat kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan jenis minyak goreng biasa. Minyak zaitun (olive oil) adalah minyak yang terbuat dari buah zaitun. Kandungan nutrisi yang beragam di dalamnya, membuat manfaat minyak zaitun untuk kesehatan juga sangat banyak. 

Meski memang dibandrol dengan harga yang cukup mahal, nyatanya tetap banyak orang yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk memasak. Alasannya, agar manfaat minyak ini bisa didapatkan oleh tubuh. Lalu, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan? 

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan 

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan
(sumber gambar: detik.net.id)

1. Berperan Sebagai Antibakteri 

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama berasal dari sifat antibakteri yang ada di dalamnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan nutrisi yang bisa membunuh serta menghambat berbagai bakteri berbahaya untuk tubuh. Contohnya adalah bakteri Helicobacter pylori  yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Tidak heran jika konsumsi olive oil juga bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan karena sifat antibakterinya ini. 

2. Mengurangi Resiko Depresi 

Banyak orang yang belum mengetahui jika ternyata, konsumsi minyak zaitun juga memiliki manfaat yang baik untuk depresi. Sebab, menurut penelitian, olive oil memiliki kandungan yang bisa melindungi sistem saraf pada manusia dan bisa berdampak pada kecemasan dan juga depresi. Orang yang mengkonsumsi lemak tidak sehat pada makanan memang cenderung memiliki potensi untuk mengalami depresi daripada orang yang mengkonsumsi lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun. 

3. Mencegah Diabetes Tipe 2 dan Obesitas 

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk pencegahan diabetes dan obesitas. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui jika minyak zaitun punya efek yang sangat baik untuk pengendalian gula darah sekaligus dengan sensitivitas insulin. Artinya, konsumsi minyak zaitun memiliki efek yang baik untuk mencegah diabetes tipe 2 yang berbahaya dan bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya. 

Selain diabetes, minyak zaitun juga bisa mencegah adanya potensi obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas pada manusia memang bisa memicu munculnya berbagai penyakit kronis lainnya. Contohnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan rematik. Nah, konsumsi minyak zaitun bisa membantu tubuh agar tidak obesitas karena kandungan lemak sehatnya. Tidak heran, jika banyak orang yang memilih minyak zaitun sebagai tambahan dalam menu diet mereka. 

4. Membantu Membuat Tubuh Lebih Sehat Ketika Puasa 

Untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa, kamu bisa mengkonsumsi minyak zaitun saat sahur. Ini adalah fakta yang mungkin belum diketahui banyak orang. Khasiat minyak zaitun yang satu ini didapatkan dari kandungan omega 9 dan asam lemak oleat yang ada di dalamnya. 

Antioksidan yang tinggi di dalam minyak zaitun juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Akibatnya, tubuh kamu bisa semakin sehat dan fit ketika puasa. Tidak hanya itu, olive oil juga punya peran yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

5.  Menjaga Kesehatan Jantung 

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk kesehatan jantung. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh. Kandungan lemak ini bisa melindungi tubuh dari peradangan, menjaga kestabilan tekanan darah, meningkatkan lapisan pembuluh darah, dan mencegah adanya pembekuan pada darah. Dengan berbagai manfaat itu, tidak heran jika konsumsi minyak zaitun bisa sangat baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Manfaat Mentimun untuk Wajah yang Harus Kamu Tau 

Cara Konsumsi dan Penyimpanan Minyak Zaitun 

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan
(sumber gambar: hellosehat.com)

Agar manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bisa diserap optimal oleh tubuh, kamu harus menyimpan dan mengkonsumsi minyak zaitun dengan benar. Untuk menyimpan minyak zaitun, kamu harus meletakkannya di tempat yang sejuk. Selain itu, akan sangat dianjurkan untuk tidak menyimpan minyak zaitun dalam waktu yang lama. Maksimal waktu yang disarankan hanyalah 12 bulan. 

Lebih dari itu, kandungan antioksidan yang ada pada minyak zaitun bisa turun dan tidak berdampak baik lagi untuk kesehatan. Untuk konsumsinya, kamu bisa menggunakan minyak ini untuk memasak atau pun meminumnya secara langsung. Bahkan, meminum minyak zaitun saat sahur bisa memberi dampak yang baik untuk kesehatan. Caranya, cukup tuang 2 sendok makan minyak zaitun dan minum saat sahur. Dengan begitu, kebugaran tubuh bisa tetap terjaga dengan minyak ini. 

Itulah berbagai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Jenis minyak ini memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak heran, jika sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan minyak ini sebagai bagian dari konsumsi harian kamu ya. Tapi, selalu ingat untuk menyimpan minyak ini dan mengkonsumsinya dengan cara yang benar supaya manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bisa terjaga dan optimal untuk tubuh. 

Tinggalkan komentar