Manfaat Nanas untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Salah satu jenis buah yang dikenal karena keunikan rasa dan bentuknya adalah nanas. Buah ini memiliki rasa yang manis, sedikit asam, dan segar. Tidak heran jika nanas sering dipakai sebagai campuran minuman pelepas dahaga. Dibalik kesegarannya, manfaat nanas untuk kesehatan ternyata juga sangat banyak, termasuk untuk sistem pencernaan manusia. 

Berbagai manfaat nanas tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalam nanas. Diantara kandungan tersebut adalah folat, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin B1. Dengan berbagai nutrisi ini, tidak heran jika nanas adalah salah satu buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Lalu, apa saja manfaat nanas untuk kesehatan? 

5 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh 

manfaat nanas untuk kesehatan
(sumber gambar: usda.gov)

1. Baik untuk Pencegahan Kanker 

Tidak banyak orang yang mengetahui jika manfaat nanas untuk kesehatan salah satunya adalah untuk pencegahan kanker. Di dalam nanas, terkandung antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Antioksidan ini akan berperan untuk mengatasi radikal bebas yang bisa memicu kanker pada manusia. Tidak hanya itu, di dalam nanas juga ditemukan senyawa bromelain. 

Senyawa bromelain ini memiliki kemampuan yang baik untuk mencegah kanker. Bahkan, ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyebutkan jika nanas bisa menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan dalam waktu bersamaan mengakibatkan matinya sel kanker dalam tubuh. Tak hanya kanker payudara, senyawa ini juga baik untuk pencegahan kanker usus dan kanker kulit. 

2. Mengatasi Perut Kembung 

Manfaat nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah manfaatnya untuk mencegah perut kembung. Saat kembung terjadi, perut kamu akan membesar dan terdapat tekanan gas yang kuat di dalamnya. Ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada pencernaan. Nah, saat kembung, kamu bisa menggunakan nanas untuk mengatasi hal ini. 

Dengan memakan nanas, kamu bisa mengeluarkan gas atau refluks pada perut yang menyebabkan kembung. Khasiat ini berasal dari kandungan senyawa bromelain dan fiber yang terdapat dalam nanas. Tidak hanya itu, senyawa ini juga akan menimbulkan sensasi menenangkan untuk perut kamu. 

3. Membantu Mengatasi Nyeri Haid 

Jika kamu adalah salah satu orang yang sering merasakan nyeri saat haid, maka kamu bisa mengkonsumsi nanas mulai sekarang. Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, antioksidan yang tinggi dan senyawa bromelain di dalam nanas bisa membantu mengatasi rasa nyeri yang muncul akibat haid. Dengan begitu, rasa nyeri dan kram pada perut saat haid bisa diatasi dan kamu bisa beraktivitas dengan normal kembali. 

4. Membantu Menjaga Kesehatan Rongga Mulut 

Manfaat nanas untuk kesehatan juga bisa kamu dapatkan untuk rongga mulut. Plak gigi yang bisa menimbulkan karang gigi jika dibiarkan menumpuk ternyata bisa dicegah dengan konsumsi nanas lho. Tidak hanya itu, nanas juga bisa membantu gusi kamu jadi lebih kuat dan sehat. Pada dasarnya, gigi dan gusi membutuhkan asupan mineral yang cukup untuk mempertahankan kepadatan dan kesehatannya. Nah, nanas memiliki kandungan mineral yang bisa membantu mencukupi kebutuhan mineral pada gusi dan gigi tersebut. 

5. Mengandung Enzim yang Baik untuk Melancarkan Sistem Pencernaan 

Manfaat nanas untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk sistem pencernaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Maryland university, nanas memiliki enzim bromelain yang baik untuk kesehatan usus. Adanya enzim ini bisa membuat usus menyerap protein lebih banyak. Selain itu, enzim ini juga bisa meringankan diare dan gangguan pencernaan lain. 

Tingginya serat dalam nanas juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Dengan serat ini, sistem pencernaan kamu bisa menjadi lebih lancar dan sehat. Selain itu, vitamin dan mineral dalam nanas juga bisa meningkatkan penyerapan air dalam usus kamu. 

Baca Juga: Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Wajib Kamu Tau

Efek Samping Makan Nanas 

manfaat nanas untuk kesehatan
(sumber gambar: Medicalnewstoday.com)

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, nyatanya konsumsi nanas juga tidak boleh sembarangan. Sebab, dibalik manfaatnya yang besar, buah ini tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Akibat dari konsumsi nanas yang berlebihan adalah munculnya bengkak di bagian bibir, lidah, ataupun pipi bagian dalam. Bahkan juga diiringi dengan pembengkakan. 

Umumnya gejala ini akan hilang dalam waktu beberapa hari. Namun, jika tidak kunjung mereda dan diikuti gejala lain seperti sulit bernapas dan gatal-gatal, maka besar kemungkinan jika kamu memang memiliki alergi terhadap buah nanas. Selain itu, untuk ibu hamil juga tidak dianjurkan memakan nanas secara berlebihan. Ini diakibatkan senyawa bromelain yang berlebihan dalam tubuh bisa memicu kontraksi rahim dan menjadi penyebab keguguran. 

Itulah berbagai manfaat nanas untuk kesehatan sekaligus efek sampingnya. Pada dasarnya, buah ini tetap memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan bernutrisi untuk tubuh. Namun, tetap konsumsi nanas secara wajar dan tidak berlebihan. Dengan begitu, potensi efek samping dari konsumsi nanas bisa dihindari dan manfaat nanas untuk kesehatan bisa tetap didapatkan oleh tubuh secara optimal. 

Tinggalkan komentar