Dibalik Pahitnya, Ini Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

Jika mendengar sayur pare, mungkin hal yang langsung terbesit dalam otak kamu adalah rasanya yang pahit dan tidak enak. Namun, dibalik rasa pahitnya itu ternyata tersimpan segudang manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan lho. Pare adalah salah satu sayur jenis labu-labuan yang sering dikonsumsi sebagai pendamping siomay atau lalapan. 

Bentuk dari pare yang juga memang kurang menarik mata dan rasanya yang pahit membuat sayur ini dihindari. Meski begitu, tersimpan kandungan nutrisi di dalam pare yang ternyata sangat luar biasa. Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), di dalam pare segar terdapat kandungan kalori, air, lemak, karbohidrat, serat, zat besi, kalium, fosfor, kalsium, bahkan beta karoten yang baik untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat pare untuk kesehatan? 

6 Manfaat Pare untuk Kesehatan Dibalik Rasanya yang Pahit 

Bagi kamu yang akan mengolah pare, inilah beberapa manfaat pare untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan: 

1. Membantu Meredakan Gangguan Pernapasan Termasuk Asma 

manfaat pare untuk kesehatan
(sumber gambar: Alodokter.com)

Manfaat pare untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan pada sistem pernapasan kita. Kandungan nutrisi yang ada di dalam pare ternyata sudah dimanfaatkan untuk mengobati masalah pernapasan seperti bronkitis, asma, dan batuk kering selama ratusan tahun oleh masyarakat tradisional Tiongkok. 

Tidak hanya itu, batuk, flu, dan pilek juga bisa dicegah dengan konsumsi pare. Sifat antihistamin, antivirus, dan anti inflamasi di dalam pare juga membuatnya sangat ideal untuk dikonsumsi agar kesehatan pernapasan bisa lebih terjaga. 

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah 

Pare juga dipercaya sangat baik untuk pengobatan diabetes. Ini disebabkan kemampuan pare yang bisa membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Selain itu, pare juga bisa menstimulasi produksi insulin dalam tubuh dan memperlancar proses pencernaan gula di dalam tubuh. Pare juga bisa menurunkan fruktosamin (gula) di dalam tubuh dan membuat gula darah menjadi stabil dalam jangka waktu yang panjang. 

3. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Tulang 

manfaat pare untuk kesehatan
(sumber gambar: yesdok.com)

Disebutkan dalam Journal of Osteoporosis, pare memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk menjaga kepadatan tulang dan mengurangi resiko seseorang terkena patah tulang. Vitamin K yang ada di dalam pare memang sangat berperan untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu, vitamin K ini juga bisa membentuk protein osteokalsin yang bermanfaat untuk pengerasan tulang. 

Tidak hanya untuk tulang, pare juga bermanfaat untuk proses penyembuhan luka. Manfaat pare untuk kesehatan yang satu ini, lagi-lagi tidak terlepas dari kandungan vitamin K yang ada di dalam pare. Vitamin K adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Nah, vitamin K bisa membantu proses pembekuan darah normal dengan pembentukan protrombin. Dengan protombin yang cukup, tubuh bisa lebih cepat dalam proses penyembuhan luka. 

Baca Juga: Manfaat Nanas untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

4. Memiliki Banyak Nutrisi dan Berpotensi Mengatasi Kanker 

Pare juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi baik yang berperan untuk kesehatan tubuh kamu. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, kalsium, dan sebagainya. Nutrisi ini juga membuat pare bagus untuk mengatasi kanker. Pare diyakini bisa membunuh sel kanker yang ada dalam usus besar, paru-paru, dan juga perut. Sel kanker payudara juga diyakini bisa dihambat penyebarannya dengan konsumsi pare. Meski begitu, tetap dibutuhkan studi lebih lanjut terkait manfaat pare yang satu ini. 

5. Membantu Mengobati Herpes dan HIV 

Manfaat pare untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk herpes dan HIV. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Biomedical and Pharmacology Journal, di dalam pare ditemukan senyawa MAP30. Senyawa ini berupa antivirus yang bisa menghambat virus HIV pada manusia. MAP30 dalam pare juga bisa menghambat adanya infeksi HIV Baru. 

Caranya, MAP30 pada pare akan membantu merangsang kekebalan tubuh untuk menghasilkan CD4 yang berperan melawan infeksi, termasuk HIV. Dengan diiringi pengobatan dan olahraga teratur, pengobatan HIV bisa semakin efektif dengan konsumsi pare. Tidak hanya sampai disitu, senyawa MAP30 pada pare juga membantu pengobatan pasien herpes simpleks virus 1. Caranya dengan menghambat reproduksi virus herpes. 

6. Membantu Proses Penurunan Berat Badan 

Manfaat pare untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk membantu penurunan berat badan. Kalori di dalam pare tergolong rendah, sehingga bisa membantu proses diet yang sedang kamu lakukan. Pare juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tidak cuma itu, penelitian juga menunjukkan jika pare bisa meningkatkan proses pembakaran lemak dan mengurangi tumpukan lemak di dalam perut. 

Itulah berbagai manfaat pare untuk kesehatan yang luar biasa. Mulai dari untuk kesehatan pernapasan, kepadatan tulang, hingga pengobatan HIV dan herpes. Ternyata, dibalik rasanya yang pahit, manfaat pare memang sangat sayang untuk untuk kamu lewatkan. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi pare agar manfaat pare untuk kesehatan bisa kamu rasakan ya! 

Tinggalkan komentar