Berbagai Manfaat Saffron untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mungkin diantara kamu banyak yang belum familiar dengan saffron. Saffron adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Bentuk dari saffron ini menyerupai benang halus yang tipis dan memiliki warna merah. Saffron juga dipatok dengan harga yang cukup mahal karena memang cara menanam dan memanennya yang cukup rumit. Meski mahal, banyak yang membeli rempah ini karena manfaat saffron untuk kesehatan terbilang sangat banyak. 

Umumnya, saffron digunakan sebagai bahan perisa makanan, pewarna alami, dan juga penyedap untuk makanan. Di dalam saffron juga terkandung banyak nutrisi baik seperti antioksidan dalam jumlah yang tinggi, sehingga tidak heran jika rempah ini memang sangat menyehatkan. Lalu, apa saja manfaat saffron untuk kesehatan? 

6 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Tubuh 

Inilah manfaat saffron untuk kesehatan tubuh di balik kegunaan dan harganya yang mahal: 

1. Membantu Menurunkan Nafsu Makan dan Proses Diet 

manfaat saffron untuk kesehatan
(sumber gambar: Korespondent.net)

Rempah saffron memiliki khasiat yang bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan. Sebab, dari hasil penelitian, kandungan yang ada dalam saffron ternyata memang bisa membantu diet. Penelitian dilakukan dengan melibatkan sekelompok wanita dan diberikan suplemen saffron selama kurun waktu 8 minggu. 

Dalam kurun waktu tersebut, wanita yang terlibat terbukti mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang cukup signifikan dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi saffron. Rempah ini juga bisa membantu menurunkan lingkar perut kamu. Massa lemak total yang ada pada pasien penderita jantung koroner juga diketahui menurun setelah mengkonsumsi saffron. 

2. Membantu Meningkatkan Gairah Seksual 

Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan libido atau gairah seksual. Bahkan, khasiat rempah ini juga sudah dibuktikan dengan adanya penelitian. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa konsumsi 30 mg saffron setiap hari selama 4 minggu bisa mengobati gejala disfungsi ereksi pada pria. Sementara itu, efek saffron pada wanita adalah membantu mengurangi rasa nyeri saat berhubungan intim dan bisa meningkatkan lubrikasi serta libido. 

3. Membantu Meringankan Nyeri dan Gejala PMS pada Wanita 

manfaat saffron untuk kesehatan
(sumber gambar: Alodokter.com)

Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya ini mungkin akan sangat berguna bagi kamu yang sering mengeluhkan rasa nyeri ketika haid. Berdasarkan penelitian, rempah saffron ternyata memiliki khasiat yang baik untuk meringankan nyeri haid. Tidak hanya nyeri, wanita yang mengkonsumsi 15 mg saffron 2 kali sehari ternyata terbukti mengalami gejala PMS (Premenstrual syndrome) yang lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi saffron. 

Baca Juga: Dibalik Pahitnya, Ini Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

4. Membantu Pengobatan Diabetes dan Menurunkan Kadar Lemak dalam Darah 

Penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi saffron untuk membantu pengobatan mereka Dari penelitian yang dilakukan, saffron terbukti bisa meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang tentunya sangat berdampak baik bagi penderita diabetes. Saffron juga diklaim mampu untuk menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik di tubuh. 

Saffron juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian memang baru dilakukan pada hewan dan terbukti jika antioksidan dalam saffron yang tinggi bisa menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Dengan begitu resiko penyakit jantung bisa ditekan dengan lebih optimal. Tapi, tentu tetap diperlukan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif untuk membuktikan khasiat ini untuk manusia. 

5. Memiliki Potensi untuk Melawan Sel Kanker 

Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk pencegahan kanker. Sebagai salah satu penyakit yang bisa berakibat fatal, kanker memang penting untuk dicegah. Saffron yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, juga punya khasiat yang baik untuk pencegahan kanker. Antioksidan di dalam saffron bisa menetralkan radikal bebas tubuh yang menjadi pemicu kanker. 

Tidak hanya itu, senyawa krosin yang merupakan pembentuk utama antioksidan pada saffron memiliki peran untuk membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi. Meski begitu, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat saffron untuk kanker. 

6. Membantu Meningkatkan Mood dan Membantu Pengobatan Depresi 

Manfaat saffron untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk membantu peningkatan mood atau suasana hati. Ini disebabkan khasiat dari saffron yang punya efek seperti antiradang, antioksidan, dan neuroproteksi atau perlindungan pada saraf. Tidak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan jika saffron bisa membantu pengobatan pada depresi ringan sampai taraf yang sedang. 

Agar mendapatkan manfaat saffron untuk kesehatan tubuh secara optimal, kamu bisa mengkonsumsi saffron dengan dosis dan takaran yang pas dan tidak berlebihan. Konsumsi saffron sebanyak 30 mg dalam 1 hari sudah sangat cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan. Apabila berlebihan, kamu bisa berpotensi mengalami efek samping seperti sakit kepala, mual, perubahan nafsu makan, kantuk, dan mulut kering. 

Itulah berbagai manfaat saffron untuk kesehatan yang sangat luar biasa. Ternyata, dibalik harganya yang memang mahal, rempah ini mengandung banyak khasiat untuk tubuh. Kamu bisa menjadikan saffron ini sebagai pilihan untuk obat herbal yang alami bagi kesehatan.  

Tinggalkan komentar