6 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Aturan Pakainya

Indonesia memang dianugerahi berbagai jenis rempah alami yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Mulai dari kunyit, jahe, hingga temulawak. Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah jenis rempah asli Indonesia yang punya bentuk seperti silinder dan umumnya berdiameter sekitar 6 cm. Tanaman ini memiliki warna kuning muda yang cerah. Selain itu, manfaat temulawak untuk kesehatan juga dikenal sangat beragam dan terbukti bagus untuk tubuh. 

Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalam temulawak itu sendiri. Dalam rimpang temulawak terkandung zat seperti protein, selulosa, mineral, pati, lemak, minyak atsiri, dan kurkuminoid. Tidak hanya itu, antioksidan yang ada di dalam temulawak juga tergolong sangat tinggi. Diantara antioksidan tersebut adalah flavonoid, kurkumin, dan juga fenol. Lalu, dengan nutrisi yang berlimpah, apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan? 

6 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh 

Bagi kamu yang berencana untuk menggunakan temulawak sebagai obat herbal tradisional, inilah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang akan kamu peroleh: 

1. Membantu Proses Pengobatan Kanker 

manfaat temulawak untuk kesehatan
(sumber gambar: Tribunnews.com)

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang pertama adalah untuk membantu proses pengobatan kanker. Sebuah riset yang dilakukan di tahun 2001 lalu, mengemukakan jika rempah temulawak memiliki khasiat yang besar dalam menghambat perkembangan kanker prostat. Selain itu penelitian dari University of Maryland Medical Center juga mengemukakan jika antioksidan yang ada di temulawak memiliki potensi yang besar untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. 

Beberapa jenis kanker yang mungkin bisa diobati dengan temulawak adalah kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif untuk membuktikan khasiat temulawak untuk kanker. 

2. Membantu Menjaga Kesehatan Organ Hati 

Temulawak juga ternyata sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ hati. Hati memang salah satu organ tubuh yang sangat penting perannya, oleh karena itu hati wajib dijaga kesehatannya. Penelitian mengungkapkan jika temulawak ternyata memiliki peran untuk kesehatan hati dari adanya antioksidan yang tinggi di dalam temulawak. 

Tidak hanya itu, ekstrak temulawak juga bisa melindungi kesehatan organ hati dari hepatotoksik. Hepatotoksik adalah bahan kimia yang punya efek buruk pada kesehatan hati. Dengan konsumsi temulawak, efek buruk dari hepatotoksik ini bisa dihindari. 

3. Berperan Sebagai Obat Diuretik yang Baik 

manfaat temulawak untuk kesehatan
(sumber gambar: media.suara.com)

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah berperan sebagai obat diuretik alami. Diuretik adalah zat yang bisa membantu tubuh membersihkan kandungan garam dan air yang berlebihan dalam tubuh sehingga cairan ini tidak menumpuk. Akibatnya, ginjal kamu bisa melepaskan lebih banyak natrium ke dalam urin, dengan begitu tubuh bisa lebih lancar metabolismenya. 

Kelebihan cairan di dalam pembuluh darah juga bisa diambil dengan temulawak. Tekanan pada dinding pembuluh darah bisa sangat dikurangi dengan konsumsi temulawak. Dengan begitu, konsumsi temulawak bisa membantu tubuh untuk memperbaiki, mencegah, dan mengobati masalah-masalah kesehatan seperti gagal hati, masalah ginja, gagal jantung, dan pembengkakan jaringan (edema). 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh

4. Membantu Proses Penyembuhan Infeksi Jamur 

Temulawak juga memiliki sifat antijamur didalamnya. Dengan begitu, konsumsi temulawak bisa dilakukan berdampingan dengan obat-obatan dari dokter ketika kamu mengalami infeksi terhadap jamur. Apalagi kurkumin yang ada di dalam temulawak juga bisa memecah membran sel pada fungi yang bisa menyebabkan infeksi. Luar biasa bukan? 

5. Mencegah Diabetes 

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga sangat baik untuk pencegahan diabetes. Khasiat temulawak ini diperoleh dari sifat anti peradangan yang ada di dalamnya. Akibatnya, diabetes sekaligus obesitas bisa dicegah dengan lebih baik. Kurkumin di dalam temulawak juga bisa menstabilkan gula dan lemak yang ada di dalam darah. 

6. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan 

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk mengatasi gangguan pada pencernaan. Khasiat ini dibuktikan dengan sebuah studi yang dipublikasikan di dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pasien peradangan usus yang mengkonsumsi temulawak setiap hari ternyata mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibanding pasien yang tidak mengkonsumsi temulawak. 

Tidak sampai disitu saja, temulawak juga bisa merangsang produksi cairan empedu. Akibatnya, proses metabolisme dan pencernaan di dalam tubuh bisa menjadi semakin lancar. Perut kembung, nafsu makan yang kurang, dan gangguan pencernaan juga bisa diatasi dengan temulawak. 

Itulah berbagai manfaat dari rempah temulawak untuk kesehatan tubuh kamu. Agar manfaat temulawak untuk kesehatan tetap bisa diperoleh optimal, dianjurkan untuk tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama. Hanya maksimal 18 minggu saja. Sebab, efek samping seperti iritasi perut dan mual bisa muncul akibat temulawak yang berlebihan. 

Maka dari itu, akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter dan tidak berlebihan dalam konsumsi temulawak ya. Jangan sampai manfaat temulawak untuk kesehatan yang sangat baik justru berubah menjadi rempah yang bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan.

Tinggalkan komentar