Cari Tahu Tentang Obat Herbal Rematik Berikut Ini Yuk!

Selama ini, banyak orang yang memilih jalan pengobatan rematik dengan menggunakan obat-obatan kimia. Padahal, ketika terkena rematik kamu sebenarnya bisa memanfaatkan berbagai obat herbal rematik yang ada di sekitar kamu lho. Selain lebih alami, obat-obatan ini juga lebih mudah ditemukan dan lebih hemat dari segi biaya. 

Rematik sendiri adalah salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang area persendian manusia. Akibatnya, persendian akan terjadi peradangan kronik yang bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Bahkan bisa memicu kondisi bengkak dan rasa kaku yang membuat sulit beraktivitas. Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan pengobatan agar bisa meredakan gejala, mengurangi peradangan, dan memperlambat jalannya rematik. Nah, kamu bisa menggunakan obat herbal rematik untuk hal ini. 

5 Macam Obat Herbal Rematik yang Bisa Dicoba 

Sebelum mengetahui apa saja obat herbal rematik, perlu kamu pahami dahulu jika tidak ada satupun obat alami yang bisa menyembuhkan rematik. Sebab, obat herbal ini hanya bisa meredakan peradangan yang terjadi pada persendian dan mengatasi gejala-gejala rematik lainnya. Pemeriksaan ke dokter dan konsumsi obat dari dokter tentu tetap diperlukan agar rematik benar-benar sembuh. 

Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakan berbagai obat herbal rematik dibawah ini untuk meredakan nyeri yang ditimbulkan. Inilah beberapa obat alami tersebut: 

1. Jahe 

obat herbal rematik
(sumber gambar: Alodokter.com)

Jahe memang sudah sangat dikenal akan khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit. Penyakit seperti migrain, hipertensi, dan flu bisa diatasi dengan mudah oleh jahe. Ternyata, jahe juga punya khasiat yang baik untuk rematik. Berbagai jenis radang sendi termasuk rheumatoid arthritis atau rematik bisa diatasi dengan mengkonsumsi rempah ini. 

Khasiat jahe ini tidak terlepas dari sifat anti radang atau anti inflamasi yang ditemukan pada jahe. Sifat ini diperoleh dari senyawa gingerol pada jahe. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi di jahe juga bisa menekan berbagai senyawa yang memicu rasa sakit dan peradangan pada persendian. 

2. Kayu Manis 

Obat herbal rematik selanjutnya adalah kayu manis. Selain jahe, kayu manis juga memiliki khasiat baik untuk rematik karena sifat anti radang yang dimilikinya. Kayu manis juga dikenal bisa meredakan berbagai gejala rematik yang bisa sangat mengganggu aktivitas. Namun, perlu kamu ingat bahwa penggunaan kayu manis untuk rematik harus hati-hati. 

Pasalnya jika konsumsi kayu manis secara berlebihan dan mengabaikan aturan, penggumpalan pada darah justru bisa terjadi. Tidak hanya itu, efek samping yang berbahaya pada wanita hamil juga mungkin saja bisa terjadi. Jadi, sebelum menggunakan kayu manis untuk rematik, akan sangat dianjurkan bagi kamu untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu ya. 

Baca Juga: Macam Obat Herbal Amandel yang Bisa Dicoba di Rumah

3. Lada Hitam dan Kunyit 

obat herbal rematik
(sumber gambar: Hellosehat.com)

Lada hitam tidak hanya berfungsi sebagai bumbu yang melezatkan masakan. Lebih dari itu, di dalam lada hitam ditemukan kandungan piperin dan capsaicin yang ternyata punya khasiat besar untuk meredakan rematik. Kedua senyawa ini bisa meredakan gejala pembengkakan dan peradangan yang terjadi saat rematik menyerang. 

Namun, lada hitam juga harus dibarengi dengan kunyit agar khasiatnya bisa diserap lebih maksimal oleh tubuh. Kurkumin yang ada di kunyit memiliki kandungan antioksidan, anti radang, dan antibakteri yang tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk rematik. Perpaduan kunyit dan lada hitam adalah pilihan obat herbal rematik yang efektif untuk meredakan nyeri persendian. 

4. Teh Hijau 

Obat herbal rematik juga bisa kamu dapatkan pada teh hijau. Minuman ini memiliki kandungan polifenol yang sangat tinggi. Polifenol inilah yang menjadi antioksidan alami dan bisa meredakan peradangan dan nyeri sendi yang disebabkan oleh rematik. Tidak hanya itu, di dalam teh hijau juga ditemukan senyawa aktif yang bisa mengurangi tingkat keparahan rematik. Apalagi teh hijau juga enak dan mudah sekali untuk ditemukan, sehingga kamu bisa mengkonsumsi teh hijau dengan mudah untuk rematik. 

5. Bawang Putih 

Obat herbal rematik yang terakhir adalah bawang putih. Kunci dari berbagai makanan ini bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi gejala rematik yang muncul. Zat sitokin adalah zat yang bisa menyebabkan peradangan pada persendian. Nah, bawang putih punya sifat anti radang yang baik untuk melawan zat sitokin ini. Hasilnya, peradangan sendi bisa lebih mudah diredakan dan diatasi. 

Itulah berbagai obat herbal rematik yang alami dan mudah kamu temukan. Tidak hanya mengandalkan berbagai obat herbal rematik ini, menerapkan dan menjalani pola hidup sehat seperti menjaga berat badan, makan makanan yang sehat dan bernutrisi, olahraga, dan tidur dengan cukup adalah hal yang harus diperhatikan bagi penderita rematik. 

Selain itu, ahli medis juga menganjurkan untuk melakukan kompres air hangat atau air dingin untuk mengurangi bengkak dan nyeri sendi akibat rematik. Cukup kompres selama 15 – 30 menit sampai rasa nyeri hilang. Dengan kombinasi pola hidup sehat, konsultasi dokter, dan obat herbal rematik, kondisi peradangan pada persendian kamu bisa diatasi dengan lebih mudah. 

Tinggalkan komentar