Obat Herbal Sariawan Manjur dan Mudah Ditemukan

Kita semua pasti pernah mengalami sariawan. Gangguan kesehatan yang menyerang rongga mulut ini bisa dijumpai pada bibir, lidah, atau bahkan dinding pipi bagian dalam. Rasa sakit yang muncul sariawan sering menimbulkan rasa malas untuk makan dan untuk bicara. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba berbagai obat herbal sariawan yang bisa dengan mudah kamu temukan. 

Penyebab Sariawan 

obat herbal sariawan
(sumber gambar: Hellosehat.com)

Sebelum menggunakan obat herbal sariawan, perlu kamu ketahui dulu apa penyebab sariawan. Jadi, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh American Dental Association, sariawan adalah kondisi adanya luka yang terdapat pada dasar gusi bagian bawah, lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan adalah luka kecil dan dangkal yang bisa memunculkan rasa nyeri pada jaringan lunak di dalam mulut. 

Sariawan disebabkan akibat daya tahan tubuh yang melemah, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, infeksi virus, infeksi bakteri, dan perubahan hormon. Sariawan juga bisa dipicu adanya luka yang terdapat pada jaringan lunak mulut. Seperti contohnya kesalahan saat menyikat gigi, lidah atau bibir yang tergores makanan tajam seperti keripik, atau lidah dan bibir yang tergigit. 

Sariawan bukanlah jenis penyakit menular seperti herpes mulut atau cold sores. Meski begitu, pengobatan dengan obat kimiawi atau obat herbal sariawan tetap diperlukan untuk mengurangi rasa sakit yang muncul. 

5 Obat Herbal Sariawan yang Bisa Dipilih

obat herbal sariawan
(sumber gambar: detik.net.id)

Agar pemulihan sariawan bisa lebih cepat, kamu bisa mencoba beberapa obat herbal sariawan seperti berikut ini: 

1. Cuka Apel 

Obat herbal sariawan yang pertama adalah cuka apel. Di dalam cuka apel ditemukan senyawa zat asam yang bisa membasmi bakteri akibat sariawan. Dengan begitu, luka akibat sariawan bisa diatasi dengan penggunaan cuka apel ini. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat herbal sariawan juga sangat mudah. 

Kamu cukup mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dan 1 gelas air hangat. Jika sudah, kumur lah dengan menggunakan larutan cuka apel tersebut selama beberapa menit. Ulangi sampai larutan air habis, dan setelah itu berkumurlah dengan air bersih biasa. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari sampai sariawan sembuh. 

2. Kelapa 

Kelapa juga bisa menjadi obat herbal sariawan yang dianjurkan. Senyawa dan kandungan nutrisi di dalam kelapa bisa membantu pencegahan luka sariawan menjadi semakin buruk. Dalam waktu yang bersamaan, kelapa juga bisa mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Panas dalam yang diyakini sebagai salah satu pemicu sariawan juga bisa diredakan dengan konsumsi kelapa ini. 

Kamu cukup mencampurkan madu dengan susu kelapa atau bisa juga dengan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan ramuan itu ke luka sariawan. Ulangi selama beberapa kali dalam 1 hari sampai sariawan mulai sembuh. 

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Obat Herbal Rematik Berikut Ini Yuk!

3. Kantong Teh Bekas 

Kantong teh bekas ternyata juga bisa menjadi obat herbal sariawan yang cukup manjur. Ini disebabkan sifat basa yang dimiliki kantong teh bekas bisa membantu menetralisir area mulut yang asam. Akibatnya, rasa sakit akibat sariawan bisa diredakan. Tidak cuma itu, daun teh juga berperan melawan infeksi dan juga peradangan yang memicu sariawan. Kesehatan gusi juga bisa meningkat dengan teh. 

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Cukup tempelkan saja kantong teh bekas pakai ke luka sariawan kamu. Tunggu setidaknya 5 menit sampai teh menyerap. Ulangi beberapa kali sampai sariawan mulai mereda. 

4. Madu 

Madu juga punya khasiat baik untuk mengatasi sariawan. Khasiat madu yang satu ini tidak terlepas dari sifat antibakteri dan anti radang yang ada di dalamnya. Madu bisa membantu mengurangi rasa perih akibat sariawan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan secara alami. Cara penggunaan madu juga sangat mudah. Cukup oleskan madu diatas luka sariawan kamu secara rutin selama beberapa hari sampai sariawan sembuh. 

5. Air Garam 

Obat herbal sariawan yang terakhir adalah air garam. Garam adalah salah satu bumbu dapur yang punya sifat antibakteri dan anti radang yang cukup tinggi. Sifat inilah yang nantinya akan membantu supaya sariawan tidak berkembang semakin para sekaligus mempercepat proses pemulihan akibat sariawan. Infeksi di mulut akibat sariawan juga bisa dicegah dengan larutan air garam. 

Kamu cukup mencampurkan 1 ½ sendok teh garam murni ke dalam 1 gelas air hangat. Aduk sampai rata dan cobalah untuk berkumur-kumur menggunakan air garam ini. Ingat untuk jangan menelannya ya. Ulangi beberapa kali sampai larutan air garam habis. Jika sudah, kumur lagi dengan air bersih sampai rasa asin hilang dan tutup dengan minum air putih. Ulangi cara ini sampai sariawan sembuh. 

Itulah beberapa obat herbal sariawan yang bisa kamu gunakan. Selain mudah ditemukan, obat herbal alami ini juga lebih murah dan mudah dipakai. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi sariawan dengan lebih cepat dan efektif tanpa obat-obatan kimiawi. 

Tinggalkan komentar